FOLLOW US:


Ada Tudingan Match Fixing pada Final AFF 2010, Ini Jawaban Hamka Hamzah

04-12-2018 01:32
Ada Tudingan Match Fixing pada Final AFF 2010, Ini Jawaban Hamka Hamzah
Hamka Hamzah © Liga Indonesia ID

Bola.net - Penggawa Timnas Indonesia pada gelaran Piala AFF 2010 silam, Hamka Hamzah, angkat bicara soal kabar adanya praktik lancung match fixing yang dilakukan tim tersebut. Pemain yang saat ini memperkuat Arema FC tersebut menyebut tudingan tersebut sangat menyakiti hati.

"Saya rasa yang menuduh ini menyakiti hati para pemain. Tak hanya itu, ia juga menyakiti para pendukung Timnas Indonesia," ujar Hamka, kala ditemui jurnalis, Senin (03/12) malam.

"Di situ kami yang bermain merasakan kesedihan yang sangat mendalam," sambungnya.

Lebih lanjut, Hamka meminta, siapa pun yang memiliki bukti adanya praktik lancung pada AFF 2010 untuk menyebutkan siapa saja yang terlibat. Pemain berusia 34 tahun ini mengaku siap berada di barisan terdepan untuk 'menggeruduk' pihak yang terlibat tersebut.

"Jangan membuat berita yang tak pernah ada data dan faktanya. Kalau memang ada bukti, buktikan!" tegasnya.

Sebelumnya, kembali maraknya pembicaraan terkait skandal pengaturan pertandingan (match fixing) seakan membuka cerita lama soal adanya tengara praktik lancung pada final Piala AFF 2010 silam. Skuat besutan Alfred Riedl ini ditengarai 'masuk angin' pada laga puncak gelaran tersebut, kontra Malaysia.

Tengara ini kian meluas kala seseorang yang mengaku bernama Eli Cohen menulis surat elektronik kepada Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono. Dalam surelnya, Eli -yang mengaku pegawai pajak- menuding sejumlah pengurus PSSI mengatur laga Timnas Indonesia vs Malaysia pada final Piala AFF, Desember 2010 lalu.

Lebih lanjut, Hamka mengaku sudah mendengar sejak lama adanya kabar praktik lancung pada 2010 tersebut. Ia pun sudah menghubungi rekannya, sesama pemain Timnas Indonesia pada ajang tersebut, Bambang Pamungkas, untuk menanyakan siapa saja pemain yang terlibat.

"Namun, sampai sekarang, tak pernah terbukti," Hamka menandaskan.