FOLLOW US:


Arema FC Enggan Tanggapi Surat LIB Terkait Toleransi Proses ITC

15-08-2017 04:28
Arema FC Enggan Tanggapi Surat LIB Terkait Toleransi Proses ITC
Sudarmaji © Dani Rizki

Bola.net - Arema FC tak mau banyak berkomentar ihwal surat PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) terkait sahnya status pemain yang ITC (International Transfer Certificate) nya masih dalam pengurusan. Klub berlogo singa mengepal ini menilai surat tersebut tak ada hubungannya dengan mereka.

"Untuk apa ditanggapi, kan nggak ada hubungannya dengan protes kita?" tanya Media Officer Arema FC, Sudarmaji, pada Bola.net.

Sudarmaji menyebut surat PT LIB ini dibuat dan dikeluarkan pada 14 Agustus. Sementara, protes Arema terkait pertandingan yang dihelat pada 12 Agustus lalu.

"Surat protes kami pun tertanggal 13 Agustus. Jadi, tak ada hubungannya," tutur Sudarmaji.

"Surat ini kan nggak berlaku surut," ia menambahkan.

Sebelumnya, Arema FC melayangkan protes resmi kepada PT LIB bernomor 066/SEKR-ARM/VIII/2017 tertanggal 13 Agustus 2017. Klub asal Malang itu menuding Ezechiel belum sah jadi pemain Maung Bandung karena belum mendapatkan ITC dari federasi negara asal yaitu Israel dan masih berstatus sebagai pemain tim Hapoel Kiryat Shmona.‬

Menanggapi hal ini, PT LIB mengeluarkan surat yang secara garis besarnya tetap mengesahkan dan mengizinkan pemain yang ITC-nya belum tuntas dalam proses TMS untuk tetap bisa dimainkan.

Surat PT LIB pada tanggal 14 Agustus 2017 ini merujuk pada surat PSSI tertanggal 09 Agustus 2017. Namun, LIB sendiri tak pernah mensosialisasikan keputusan PSSI ini ke seluruh klub sebelum adanya sengkarut N'Douassel.

Sementara itu, Sudarmaji menyebut Arema termasuk klub yang tak pernah mendapat informasi terkait adanya toleransi dua pekan. Ia menyebut, dengan kondisi seperti ini, lebih baik jika perihal toleransi ini dimasukkan secara khusus dalam regulasi kompetisi.

"Namun, kami mempertanyakan, regulasi kok ditolerir? ITC beda dengan IMTA," tandasnya.