FOLLOW US:


Arema FC Menilai Ada yang Lebih Penting Ketimbang VAR

06-05-2019 23:32
Arema FC Menilai Ada yang Lebih Penting Ketimbang VAR
Ruddy Widodo © Fitri Apriani

Bola.net - Ruddy Widodo angkat bicara soal adanya tuntutan agar penggunaan VAR (Video Assistant Referee) pada gelaran Liga 1 musim 2019 mendatang. Menurut General Manager Arema FC ini, ada hal yang lebih penting ketimbang VAR.

Menurut Ruddy, yang paling penting untuk disediakan oleh operator liga adalah alat komunikasi antar wasit. Hal ini, sambungnya, akan membuat komunikasi dan pengambilan keputusan akan lebih baik lagi.

"Dengan komunikasi dan koordinasi yang lebih baik antar wasit, potensi-potensi kesalahan dalam mengambil keputusan bisa dikurangi," kata Ruddy, pada Bola.net.

"Hal ini akan sangat membantu terutama dalam pertandingan yang ditonton oleh banyak suporter dan suasananya riuh," sambungnya.

Menurut Ruddy, sebetulnya, ada empat hal yang seyogianya disiapkan oleh operator dalam Liga 1 musim 2019. Selain VAR, mereka perlu juga menyediakan alat komunikasi antar wasit, semprotan penanda posisi sepakan bebas, dan papan pergantian pemain elektronik.

"Kalau memang bisa, empat hal ini seharusnya sudah ada pada kompetisi Liga 1 musim 2019 ini," tuturnya.

"Namun, kalau tidak bisa, paling tidak ada dua yang bisa disiapkan terlebih dulu. Masak sekadar spray dan alat komunikasi wasit saja tidak bisa?" Ruddy menukas.

Mengapa Arema menilai bahwa penyediaan alat komunikasi antar wasit lebih penting ketimbang VAR? Simak di bawah ini.

1 dari 2

Bisa Mengisi Posisi VAR

Menurut Ruddy, dengan adanya alat komunikasi dan koordinasi yang baik antar para pengadil, kebutuhan akan VAR bisa sedikit dikurangi. Pasalnya, teknologi alat komunikasi ini juga memungkinkan adanya koordinasi wasit dengan referee assessor, yang juga bisa melihat rekaman pertandingan melalui layar televisi.

"Dengan alat komunikasi ini, pengambilan keputusan kan bisa lebih baik lagi," kata Ruddy.

"Semakin banyak data yang dimiliki, insyaAllah semakin bagus pula keputusan yang diambil," sambungnya.

2 dari 2

Siap Ikut Patungan

Lebih lanjut, Ruddy menyebut bahwa Arema menyambut baik usulan Presiden Madura United, Achsanul Qosasi, agar klub-klub peserta Liga 1 berpatungan untuk pengadaan sistem VAR. Menurutnya, asal demi kebaikan sepak bola Indonesia, Arema akan siap ambil bagian.

"Kalau demi kebaikan kami siap," tegasnya.

"Jika memang ini nanti dikehendaki mayoritas tim, kami pasti akan ikut," Ruddy menandaskan.