FOLLOW US:


BOPI Belum Keluarkan Rekomendasi untuk Liga 2 2019

20-06-2019 12:07

 | Asad Arifin

BOPI Belum Keluarkan Rekomendasi untuk Liga 2 2019
Richard Sam Bera © Fitri Apriani

Bola.net - Kompetisi Liga 2 2019 yang sedianya akan kick off pada 22 Juni terancam ditunda. Pasalnya, rekomendasi untuk memutar kompetisi kasta kedua sepak bola di Tanah Air itu belum dikeluarkan oleh Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

Menurut penuturan Ketua Umum BOPI, Richard Sam Bera, pihaknya bukan tanpa alasan belum memberikan lampu hijau. Sebab dari hasil temuan, terdapat tunggakan gaji pemain yang belum tuntas, yaitu kepada 17 pemain PSMS Medan, 12 pemain PSPS Riau, dan dua pemain Sriwijaya FC.

“Setelah kita verifikasi secara ketat masih ada proses penyelesaian tunggakan gaji pemain yang belum selesai. Oleh karena itu BOPI masih belum dapat mengeluarkan rekomendasi penyelenggaraan kompetisi Liga 2 2019,"ujar Richard dalam keterangan resminya.

"Dalam hal ini kami berkoordinasi dengan teman-teman dari APPI (Assosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia)," sambungnya.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Penjelasan BOPI

BOPI telah melakukan rapat final verifikasi internal data pendukung terhadap 23 klub peserta Liga 2. Dokumen pendukung tersebut meliputi aspek legalitas, finansial, dan sumber daya manusia.

BOPI pun akan mengirimkan surat resmi kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan APPI untuk menyampaikan hasil dari rapat internal tersebut. Harapannya, LIB dan APPI bisa segera menindaklanjuti hasil temuan tim Verifikasi data BOPI.

BOPI juga masih terus memberikan kesempatan kepada pihak-pihak terkait yaitu LIB, Klub dan APPI untuk berkoordinasi dan menghadirkan dokumen yang diperlukan. Hal itu dilakukan guna mendapatkan rekomendasi penyelenggaraan kompetisi Liga 2.

"Kedepan BOPI juga akan meminta PT LIB membuat roadmap penyesuaian izin usaha klub sepakbola profesional, paling lambat pertengahan musim ini," imbuh Richard.