BRI Liga 1: Irianto dan Kambuaya Cabut dari Persebaya, Merapat ke Persib?

Dimas Ardi Prasetya | 5 April 2022 23:48
Dua generasi Persebaya Surabaya, Rachmat Irianto (kiri) dan sang ayah yang kini menjadi asisten pelatih Bajul Ijo, Sugiantoro. (c) Bola.com/Aditya Wany

Bola.net - Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya tambah daftar pemain yang resmi hengkang dari Persebaya Surabaya di akhir kompetisi BRI Liga 1 2021-22.

Sebelumnya gelombang eksodus pemain Persebaya sudah muncul. Diawali oleh tiga pemain asingnya yakni Bruno Moreira, Taisei Marukawa, dan Arsenio Valpoort.

Marukawa bahkan sudah mendapat klub baru. Pemain Jepang itu kini gabung PSIS Semarang.

Kepergian Irianto dan Kambuaya ini tentu disayangkan. Sebab keduanya termasuk dua pemain andalan Persebaya di lini tengah, plus di Timnas Indonesia.

1 dari 4 halaman

Pernyataan Persebaya

“Semoga Sukses Rian (sapaan Irianto) dan Kambuaya. Kerja sama Persebaya dengan Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya harus berakhir musim ini,” tulis akun instagram Persebaya, Selasa (5/4/2022).

“Keduanya memiliki alasan masing-masing dalam memutuskan masa depan. Kambuaya tidak mencapai kata sepakat dalam pembicaraan perpanjangan kontrak bersama Persebaya. Sementara, Rian memilih untuk tidak melanjutkan kerja sama karena alasan keluarga.”

“Kritik yang selama ini ia terima sudah berbuah tuduhan dan teror ke pihak keluarga. Dengan berat hati ia harus meninggalkan tim impiannya sejak kecil. Semoga sukses untuk Rian dan Kambuaya. Jangan lupa jalan pulang,” tutup keterangan Persebaya Surabaya.

2 dari 4 halaman

Rekam Jejak Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya

Rian sendiri sebenarnya merupakan pemain yang spesial. Dia adalah pemain asli Surabaya jebolan kompetisi internal Persebaya. Dia ditempa bersama Indonesia Muda sebelum masuk skuat Persebaya senior pada usia 17 tahun pada 2017.

Berkat penampilannya di Persebaya Surabaya, Rian lantas menembus Timnas Indonesia U-19 arahan Indra Sjafri, bahkan ditunjuk sebagai kapten dalam Piala AFF U-19 2017 di Myanmar. Dia pun ikut membawa Bajul Ijo menjuarai Liga 2 2017 sekaligus promosi ke Liga 1 2018.

Statusnya sebagai putra Bejo Sugiantoro, legenda Persebaya, membuat Rian menjaga loyalitas bersama Bajul Ijo. Pada musim 2021/2022, dia pun ditunjuk sebagai kapten tim masih pada usia yang belia, yakni 21 tahun.

Sayang, banyak komentar miring di media sosial dengan berbagai tuduhan negatif yang mengarah kepadanya. Hal ini lantas menciptakan suasana yang kurang kondusif sehingga Rian memilih hengkang dari klub yang membesarkan namanya.

Sedangkan Kambuaya adalah putra asli Papua yang direkrut Persebaya mulai 2020. Berkat Aji Santoso, dia mampu menjadi andalan Timnas Indonesia sejak 2021. Namun, kali ini dia tidak meneruskan kiprah di klub yang mengangkat namanya juga.

3 dari 4 halaman

Merapat ke Persib?

BRI Liga 1: Pemain Persebaya Surabaya, Ricky Kambuaya (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Sebelum resmi hengkang, Rian dan Kambuaya sudah santer dikaitkan dengan Persib Bandung. Kabarnya, mereka bahkan sudah mencapai kesepakatan bersama klub asal Kota Kembang tersebut.

Sementara di sisi lain, Persebaya Surabaya juga telah memastikan berhasil mempertahankan dua gelandang lainnya, yakni Muhammad Hidayat dan Alwi Slamat. Dua nama ini juga penting bagi Persebaya selama Liga 1 2021/2022.

“Persebaya memastikan servis duo gelandangnya untuk musim depan. Muhammad Hidayat dan Alwi Slamat masih akan menjadi motor permainan Bajol Ijo,” tulis akun instagram Persebaya dalam unggahan yang berbeda.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR