BRI Liga 1: Starting XI Pemain yang Cabut dari Persebaya, Mulai Samsul Arif Sampai Arif Satria

Dimas Ardi Prasetya | 27 April 2022 06:39
Skuad Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Muhammad Iqbal Ichsan

Bola.net - Setelah kompetisi BRI Liga 1 2021-22 berakhir, Persebaya Surabaya ditinggalkan oleh banyak pemainnya dari semua lini.

Total, sebanyak 17 pemain sudah resmi pergi setelah BRI Liga 1 2021-22 berakhir. Beberapa di antaranya adalah Taisei Marukawa, Bruno Moreira, Arsenio Valpoort, Alie Sesay, Johan Yoga Utama, David Ariyanto, Ricky Kambuaya, hingga kapten musim lalu Rachmat Irianto.

Lalu, masih ada sembilan nama lain yang juga pergi. Mereka adalah Reva Adi Utama, Ady Setiawan, Samsul Arif, Hambali Tolib, Franc Sokoy, Mokhamad Syaifuddin, Rendi Irwan, Oktafianus Fernando, dan Arif Satria.

Persebaya Surabaya berhasil membukukan prestasi gemilang di BRI Liga 1 2021/2022. Sebanyak tiga personel sekaligus meraih penghargaan individu pada Desember 2021, yang diraih untuk masing-masing kategori.

Pertama, arsitek Aji Santoso dinobatkan sebagai pelatih terbaik. Lalu, winger asing Taisei Marukawa jadi pemain terbaik. Terakhir, Marselino Ferdinan keluar sebagai pemain muda terbaik bulan itu.

Padahal, Persebaya tidak jadi juara dengan menduduki peringkat kelima klasemen akhir. Keberhasilan itu didapat juga berkat kesehatan manajemen klub yang mampu memenuhi hak para pemain.

Nama Taisei Marukawa jadi nama yang paling diingat karena langsung bergabung PSIS Semarang sehari setelah berpamitan. Alie Sesay pun kabarnya bakal segera menyusul winger asal Jepang itu.

Dari sejumlah nama-nama itu, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto juga jadi perbincangan. Sebab, dua gelandang ini telah resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Persib Bandung untuk musim depan.

Terbaru, RANS Cilegon yang berstatus klub promosi berhasil mendapatkan dua eks Persebaya sekaligus. Arif Satria dan Ady Setiawan telah diperkenalkan sebagai bagian klub yang dijuluki milik sultan tersebut.

Lalu, ada Reva Adi Utama dan Samsul Arif yang kabarnya diperebutkan oleh sejumlah klub Liga 1. Sejauh ini, belum ada kepastian ke mana dua pemain itu akan berlabuh.

Jika dirinci, jumlah pemain yang hengkang itu komplet untuk membentuk sebuah tim untuk sebuah pertandingan. Sebab, komposisinya sudah lengkap dari penjaga gawang hingga pemain depan.

Berikut adalah Starting IX yang bisa disusun dari daftar pemain tersebut dengan formasi 4-3-3 andalan Persebaya Surabaya. Simak ulasannya berikut ini.

1 dari 6 halaman

Kiper

David Ariyanto jadi satu-satunya penjaga gawang yang dilepas Persebaya Surabaya. Manajemen Bajul Ijo belum merekrut penjaga gawang baru karena sudah punya empat nama, yakni Ernando Ari Sutaryadi, Andhika Ramdhani, Satria Tama, dan I Gede Dida.

Perannya musim lalu tidak begitu kentara karena tak membukukan pertandingan sama sekali di BRI Liga 1 2021/2022. Tapi, namanya sudah cukup untuk bisa mengisi pos penjaga gawang dalam daftar ini.

2 dari 6 halaman

Pertahanan

Arif Satria (c) Bola.com/Aditya Wany

Deretan pemain belakang yang hengkang dari Persebaya Surabaya malah merupakan penghuni skuat inti. Dari kanan, ada Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria, hingga Reva Adi Utama. Empat nama itu tampil reguler musim lalu.

Jika dibuat komposisi, daftar nama itu terlihat cukup mentereng. Namun, ini jadi ironi bagi Persebaya yang kehilangan kuartet bek andalannya.

3 dari 6 halaman

Lini Tengah

Dua generasi Persebaya Surabaya, Rachmat Irianto (kiri) dan sang ayah yang kini menjadi asisten pelatih Bajul Ijo, Sugiantoro. (c) Bola.com/Aditya Wany

Ada tiga nama di posisi gelandang Persebaya Surabaya, yakni Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, dan Rendi Irwan. Dua nama pertama sudah resmi bergabung Persib Bandung, sedangkan yang terakhir baru diperkenalkan oleh Deltras FC.

Rian dan Kambuaya sudah tentu adalah gelandang andalan musim lalu. Mereka bahkan merupakan pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Beruntung, ada satu nama yang tidak pergi, yakni Marselino Ferdinan.

4 dari 6 halaman

Lini Serang

Penyerang Persebaya, Samsul Arif, pada laga melawan Persela di Piala Menpora 2021 (c) Ikhwan Yanuar Harun

Trisula lini depan Persebaya Surabaya musim lalu adalah Taisei Marukawa, Samsul Arif, dan Bruno Moreira. Semuanya memilih meninggalkan Persebaya setelah kompetisi berakhir. Kolaborasi mereka sangat mengerikan.

Marukawa sudah resmi bergabung PSIS Semarang. Bruno disebut akan berkarier di Yunani. Sedangkan Samsul Arif belum memutuskan. Sulit membayangkan Persebaya akan mendapatkan pengganti yang sepadan.

5 dari 6 halaman

Starting XI Pemain yang Cabut dari Persebaya

Berikut starting XI pemain yang hengkang dari Persebaya Surabaya di akhir kompetisi BRI Liga 1 2021-22.

Kiper: David Ariyanto

Belakang: Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria, Reva Adi Utama

Tengah: Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Rendi Irwan

Depan: Taisei Marukawa, Samsul Arif, Bruno Moreira

Cadangan: Mokhamad Syaifuddin, Franc Sokoy, Hambali Tolib, Oktafianus Fernando, Arsenio Valpoort, Johan Yoga Utama.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR