FOLLOW US:


Cerita Bek Arema Ahmad Alfarizi tentang Rahasia Kekuatan Dua Kakinya

14-01-2021 11:14

 | Gia Yuda Pradana

Cerita Bek Arema Ahmad Alfarizi tentang Rahasia Kekuatan Dua Kakinya
Pemain Arema FC, Ahmad Alfarizi © Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Bek Arema FC, Ahmad Alfarizi, dikenal memiliki kaki kiri dan kaki kanan yang sama kuatnya. Ada satu rahasia di baliknya.

Sejak promosi ke tim senior Arema musim pada 2009, Alfarizi menempati posisi sebagai bek kiri. Namun, dia ternyata bukan pemain kidal.

Kaki kanannya juga kuat dan punya akurasi yang sama. Saat di Arema junior, dia berposisi sebagai stopper dan banyak menggunakan kaki kanan.

"Sejak kecil saya sengaja melatih kedua kaki biar sama kuatnya. Dulu sebelum masuk tim junior, saya ingat sering latihan passing kaki kanan dan kiri ke pagar rumah (sebagai pemantul bola)," tutur Afarizi, Rabu (13/1/2021).

Latihan itu membuatnya bisa dengan mudah mengarahkan bola dengan kaki kanan maupun kiri. Yang jelas, dia tidak melakukan latihan itu dalam waktu singkat. Alfarizi menjadikannya kebiasaan di waktu senggang.

Kini, jadi keuntungan tersendiri bagi Alfarizi punya dua kaki dengan akurasi dan kekuatan sama bagusnya. Dia bisa ditempakkan di bek sayap kanan, kiri, atau posisi lain. Hanya saja sekarang dia lebih sering menggunakan kaki kiri karena tuntutan posisi bermain di Arema FC.

1 dari 1

Algojo Penalti

Algojo Penalti
Ahmad Farizi pada sesi latihan istimewa Arema FC di pantai © Bola.net/Dendy Gandakusumah

Saat ditanya jika mendapat kesempatan jadi algojo penalti atau tendangan bebas, Alfarizi mengaku tidak bingung harus menggunakan kaki mana. Dia tinggal melihat sudut yang pas untuk menggunakan kaki kanan atau kiri.

“Tinggal memilih saja mau nendang pakai kaki mana,” canda pemain yang sempat dipinjamkan ke Persija Jakarta ini.

Selama membela Arema, Alfarizi lebih sering menggunakan kaki kiri untuk mengeksekusi tendangan bebas. Namun, dia belum menjadi spesialisas tendangan bebas strategis Arema yang jaraknya dekat dengan gawang.

Alfarizi mengambil tendangan bebas saat terjadi pelanggaran di sekitar daerah bek kiri yang ditempatinya.

Disadur dari: Bola.com/Iwan Setiawan/Yus Mei Sawitri

Published: 14 Januari 2021