FOLLOW US:


Dampak Pandemi, Klub-Klub Liga 1 Mulai Ditinggal Sponsor

31-05-2020 18:44

 | Richard Andreas

Dampak Pandemi, Klub-Klub Liga 1 Mulai Ditinggal Sponsor
Shopee Liga 1 2020. © bolanet

Bola.net - Pandemi Corona, yang merebak di Indonesia, mulai berpengaruh pada klub-klub peserta Liga 1 musim 2020. Tak hanya kehilangan sumber penghasilan menyusul terhentinya kompetisi, klub-klub ini juga mulai ditinggal sponsor mereka.

"Dalam rapat virtual beberapa waktu lalu, ada tiga klub yang mengaku sudah ditinggal sponsor mereka," kata General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, yang ikut hadir dalam rapat virtual tersebut.

"Bukan tidak mungkin hal ini merembet ke klub-klub lain," sambungnya.

Menurut Ruddy, klub-klub yang ditinggal sponsor ini membeber alasan para sponsor mereka. Rata-rata, sponsor hengkang karena krisis ekonomi yang terjadi akibat dampak pandemi Corona di Indonesia.

"Sponsor mengatakan ke pihak klub bahwa mereka bahkan sudah sampai melakukan PHK atau merumahkan sebagian karyawan. Karenanya, para sponsor ini mengaku tak bisa melanjutkan lagi kerja sama dengan klub-klub tersebut," tuturnya.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Bantu Keuangan Klub

Arema sendiri berharap agar PSSI bisa membantu keuangan klub-klub yang ada saat ini, terutama bagi yang ditinggal sponsor. Mereka berharap agar ada tambahan dana komersial bagi klub-klub jika kompetisi nantinya digelar lagi.

"Bagi klub, yang diperlukan bukan sekadar vitamin. Kami perlu stimulus terutama di aspek modal," papar Ruddy.

"Selain itu, kami juga mengusulkan adanya renegosiasi kontrak. Ini penting agar klub tidak terlalu merugi dalam kondisi ini," sambungnya.

2 dari 2

Arema Aman

Lebih lanjut, Ruddy mengaku bahwa mundurnya sponsor sejumlah klub ini tak terjadi di Arema. Ia menyebut, sponsor-sponsor Arema masih berkomitmen untuk bertahan menyokong klub berlogo singa mengepal ini.

"Sepengetahuan saya, sponsor-sponsor Arema masih berkomitmen bertahan. Namun, untuk pencairan termin memang masih menunggu adanya kepastian kompetisi," ungkap Ruddy.

"Alhamdulillah, main sponsor kami adalah salah satu korporasi yang bisnisnya relatif tak terpengaruh dengan pandemi ini," imbuhnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)