FOLLOW US:


Di Balik Sanksi Maskot Persebaya, Manajer: Hanya Tuhan dan Komdis yang Tahu

20-05-2018 08:30
Di Balik Sanksi Maskot Persebaya, Manajer: Hanya Tuhan dan Komdis yang Tahu
Jojo dan Zoro, dua sosok yang jadi maskot Persebaya Surabaya © Chandra Satwika/Jawa Pos/JawaPos.com

Bola.net - Komisi Disiplin (Komdis) PSSI untuk pertama kalinya menjatuhi sanksi terhadap maskot sebuah tim. Maskot yang mendapat sanksi tersebut adalah milik Persebaya Surabaya yang lebih dikenal dengan sebutan Jojo dan Zoro.

Jojo merepresentasikan buaya, sedangkan Zoro mewakili ikan hiu. Buaya dan Hiu merupakan hewan yang identik dengan Kota Surabaya.

Jojo dan Zoro mendapat sanksi larangan masuk stadion sebanyak 4 kali pertandingan dengan dakwaan telah mengacungkan jari kepada pemain Arema FC.

Adanya hukuman terhadap Jojo dan Zoro ini terbilang aneh, sebab untuk pertama kalinya ada maskot yang disanksi komdis. Apalagi kejadian tersebut tidak dijelaskan secara rinci di dalam regulasi.

"Saya merasa hanya Tuhan dan komdis yang tahu," ungkap Manajer Persebaya, Chairul Basalama menanggapi hukuman terhadap Jojo dan Zoro.

Meski demikian, pria yang akrab disapa Abud ini berusaha untuk berfikir positif atas sanksi terhadap maskot timnya. Bahkan ia menganggap hukumab untuk Jojo dan Zoro adalah bukti bahwa maskot Persebaya diperhatikan.

"Saya berharap Jojo dan Zoro tetap semangat, karena sanksi dan sebagainya adalah pelajaran, kalau tidak begini kita tidak tahu," imbuh Abud.

"Jojo dan Zoro keren juga jadi perhatian nasional. Tapi mungkin bagus Jojo dan Zoro mengawali, nanti maskot yang lain jadi tidak bandel," sambungnya.

Dikatakan Abud, kehadiran Jojo dan Zoro di stadion sebenarnya sebagai ice breakers, yang kemudian mendapat sambutan positif dari semua pihak. Dan apa yang dilakukan pada laga kontra Arema FC lebih karena terbawa situasi pertandingan yang tegang.

"Kalau kemarin memang tensinya luar biasa, apalagi pertandingan kemarin sudah lama tidak ketemu, kita juga memahami keadaan kemarin berbeda," jelasnya.

Ia pun meyakini pada pertandingan-pertandingan berikutnya melawan Arema FC kondisi itu tidak akan terulang. Apalagi belakangan banyak muncul koreo-koreo suporter yang bagus dan juga psywar yang semakin keren.