FOLLOW US:


Empat Pemain Belum Kembali dari Timnas Indonesia, Persebaya Pertanyakan Komitmen PSSI

04-01-2022 15:07

 | Gia Yuda Pradana

Empat Pemain Belum Kembali dari Timnas Indonesia, Persebaya Pertanyakan Komitmen PSSI
Ricky Kambuaya di laga leg pertama final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB. © AP Photo

Bola.net - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso mempertanyakan belum kembalinya empat pemain dari Timnas Indonesia setelah tampil di Piala AFF 2020. Padahal, tenaganya sangat dibutuhkan oleh klub.

Hal itu diungkapkan oleh Aji Santoso pada sesi jumpa pers jelang duel kontra Bali United. Juru taktik asal Malang tersebut bahkan menilai laga tunda pekan ke-17 BRI Liga 1 2021/2022 seharusnya kembali diundur.

"Sebelum saya berbicara masalah teknis tentang pertandingan besok, yang ingin saya sampaikan seharusnya pertandingan besok ditunda," kata Aji Santoso, Selasa (04/01/2022).

"Kenapa? Karena sampai siang ini pemain-pemain nasional kami belum bisa bergabung," imbuh mantan pelatih Persela Lamongan itu.

Empat pemain Persebaya yang dipanggil Timnas Indonesia adalah Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Rizky Ridho dan Ernando Ari Sutaryadi. Dua nama terakhir dipanggil belakangan oleh Shin Tae-yong.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 4

Persebaya Dirugikan

Persebaya Dirugikan
Pelatih Persebaya Surabaya di BRI Liga 1, Aji Santoso. © Bola.com/Aditya Wani

Laga Persebaya kontra Bali United sedianya digelar pada pertengahan Desember 2021. Namun, pertandingan tersebut ditunda karena ada tambahan dua penggawa Green Force yang dipanggil Timnas Indonesia.

"Tetapi saat ini belum ada kabar seperti apa, seharusnya kalau pertandingan ini tetap tidak ada pemain nasional yang main, seharusnya pertandingan dulu dilanjutkan aja, buat apa ditunda," tegasnya.

Menurut Aji, kondisi tersebut tentu sangat merugikan Persebaya karena pertandingan digelar tanpa kehadiran empat pemain yang membela Timnas Indonesia. Baik kerugian dari sisi waktu maupun recovery.

"Seharusnya kalau PSSI tidak menyampaikan pertandingan akan dimainkan dengan pemain nasional kami, tentunya pertandingan dulu itu harusnya dilaksanakan, buat apa ditunda," Aji menambahkan.

2 dari 4

Bukan Cari Alasan

Bukan Cari Alasan
Timnas Indonesia di laga di leg 1 final Piala AFF 2020 melawan Thailand di National Stadium, Singapura (29/12/2021) malam WIB. © AP Photo

Aji sangat mengharapkan informasi dari PSSI terkait empat pemainnya yang membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Karena itu penting bagi Persebaya dalam menghadapi ketatnya persaingan di BRI Liga 1 2021/2022.

"Jadi kalau pemain ini belum bisa bergabung, seharusnya pertandingan besok malam seharusnya ditunda, itu fair," lanjut mantan pelatih Arema FC itu.

"Saya menyampaikan ini bukan mencari alasan, karena ini memang kejadian. Saya sangat yakin kalau ini terjadi di tempat lain juga akan melakukan hal yang sama seperti saya," terangnya.

3 dari 4

Harus Punya Komitmen

Harus Punya Komitmen
Logo PSSI © Bola.com/Dody Iryawan

Lebih lanjut, Aji menegaskan bahwa sebenarnya Persebaya bangga bisa menyumbang banyak pemain. Namun, di sisi lain, tim Kota Pahlawan dirugikan karena PSSI tidak bisa memenuhi janji.

"Kalau memang nanti enggak bisa ya, kami siap dengan pemain yang ada, tidak ada masalah," Aji menegaskan.

"Cuma saya kepingin kita membangun sepak bola sama-sama harus berkomitmen yang kuat, berkomitmen yang jujur," tandasnya.

4 dari 4

Klasemen BRI Liga 1

(Bola.net/Mustopa El Abdy)