FOLLOW US:


Ernando Ari Cedera, Persebaya Surabaya Krisis Kiper Lagi?

26-11-2021 14:43

 | Asad Arifin

Ernando Ari Cedera, Persebaya Surabaya Krisis Kiper Lagi?
Kiper Persebaya, Ernando Ari Sutaryadi saat melawan Borneo FC pada pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Sabtu (04/09/2021) © Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Persebaya Surabaya mendapat kabar buruk usai pesta gol ke gawang Persita Tangerang pada pekan ke-13 BRI Liga 1 2021/2022. Sebab, penjaga gawang Ernando Ari mengalami cedera dan harus diganti.

Kiper berusia 19 tahun itu mengakhiri laga cepat dan ditarik keluar pada menit ke-27 karena mengalami cedera bahu. Jajaran pelatih Persebaya memasukkan Andhika Ramadhani sebagai penjaga gawang pengganti.

“Ernando kami ganti. Tetapi, nanti kami cek dulu seberapa berat kondisinya. Mudah-mudahan saja tidak terlalu berat, sehingga masih tetap bisa bersama tim,” ungkap Aji Santoso, pelatih Persebaya.

1 dari 3

Krisis Kiper Lagi?

Krisis Kiper Lagi?
Aksi Satria Tama (Persebaya Surabaya) di Piala Menpora 2021 © Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan

Masalahnya, krisis penjaga gawang kembali mendera Persebaya jika Ernando tidak bisa pulih dalam waktu cepat. Sebab, kiper utama Satria Tama lebih dulu masuk meja perawatan karena juga mengalami cedera.

Satria Tama sudah mendapat cedera pada Agustus lalu, sebelum BRI Liga 1 dimulai. Sampai sekarang, kiper kelahiran Sidoarjo itu masih menjalani terapi dan belum bisa tampil membela Persebaya.

Persebaya Surabaya kini hanya memiliki dua kiper tersisa, yaitu Andhika Ramadhani dan David Ariyanto. Kondisi ini tentu menyulitkan Persebaya jika satu dari dua nama itu juga mengalami cedera karena stok kiper menipis.

2 dari 3

Siapa yang Bakal Diturunkan?

Siapa yang Bakal Diturunkan?
Kiper Persebaya Surabaya, Andhika Ramadhani saat laga pekan kesembilan BRI Liga 1 2021/2022 melawan Persija Jakarta, di Stadion Manahan, Selasa (26/10/2021). © Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Andhika sudah berpengalaman tampil di Liga 1, sedangkan David belum pernah diberi kesempatan tampil. Lantas, apakah jajaran pelatih Persebaya membuka kemungkinan memberi menit bermain untuk David Ariyanto?

“Memilih penjaga gawang menjadi prioritas pelatih kiper, meskipun saya yang mengambil keputusan. Tentunya kami memasang pemain berdasarkan persiapan,” imbuh pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

Situasi ini sudah pernah dialami oleh Persebaya Surabaya pada Oktober lalu saat melakoni seri kedua BRI Liga 1. Mereka juga hanya punya dua kiper tersisa. Saat Satria Tama masih cedera, Ernando mendapat panggilan Timnas Indonesia U-22.

Andhika kemudian diandalkan di bawah mistar gawang Persebaya dan mampu menunjukkan kualitasnya meski berstatus kiper ketiga.

3 dari 3

Klasemen BRI Liga 1

Disadur dari Bola.com: Aditya Wany/Wiwig Prayugi, 26 November 2021