FOLLOW US:


Fadil Sausu dan Nomor 14 yang Terinspirasi Legenda Real Madrid

19-05-2020 11:00

 | Gia Yuda Pradana

Fadil Sausu dan Nomor 14 yang Terinspirasi Legenda Real Madrid
Fadil Sausu © Bola.com/Aditya Wany

Bola.net - Gelandang Bali United, Fadil Sausu, kerap menggunakan nomor punggung 14 dalam kariernya. Fadil mengakui bahwa hal itu dilakukannya karena terinspirasi oleh idolanya, yakni legenda Real Madrid, Guti Hernandez.

Sepanjang karier sebagai pesepak bola, Guti Hernandez memang menggunakan nomor punggung 14. Fadil Sausu mengaku sangat mengidolai pemain Spanyol tersebut dan kebetulan keduanya sama-sama bermain di lini tengah.

"Saya ngefan dengan dia, Guti. Makanya sejak bermain bola, mau di manapun saya tetap memakai nomor punggung 14," kata Fadil Sausu di akun Youtube Bali United.

1 dari 2

Ingin Melatih

Guti Hernandez tercatat membela Real Madrid rentang 1995-2010. Guti berhasil membukukan 387 penampilan, 46 gol, dan mempersembahkan lima gelar La Liga serta tiga gelar Liga Champions untuk Los Blancos.

Fadil Sausu juga mengungkapkan rencana kelanjutan kariernya setelah pensiun sebagai pesepak bola. Pemain asal Palu itu mengaku ingin melanjutkan karier sebagai pelatih.

"Kalau nanti pensiun, saya mungkin ingin menjadi pelatih. Saya tidak bisa jauh-jauh dari dunia sepak bola," ucap Fadil.

Sepertinya hal itu masih jauh dari bayangan Fadil. Pada usia 35 tahun, sejauh ini Fadil Sausu masih menjadi pilihan utama di lini tengah Bali United.

2 dari 2

Kapten Bali United

Fadil Sausu juga menceritakan pengalaman suksesnya menjalani peran sebagai pemimpin di lapangan hijau saat timnya bertanding. Gelandang berusia 35 tahun ini mengaku kesabaran adalah modal utama baginya menjadi pemimpin di skuat Serdadu Tridatu.

Fadil Sausu merupakan satu di antara beberapa pemain yang memang layak disebut sebagai kapten berpengaruh sejak Liga 1 bergulir. Ia selalu menjadi pilihan utama di lini tengah Bali United dengan ban kapten melingkar di lengannya.

Perannya pun sangat besar dalam permainan tim. Umpan terobosan dan eksekusi set-piece yang dilepaskannya kerap menjadi assist dan bahkan gol. Namun, pengalaman sebagai kapten yang berdiri menjadi pemimpin tim di lapangan adalah pengalaman yang sangat berharga bagi Fadil Sausu.

"Ketika berada di dalam tim, saya menjadi perantara pelatih dan teman-teman pemain. Saya juga harus bisa mengontrol emosi dan sabar saat berkoordinasi dengan wasit dalam pertandingan," ujar Fadil Sausu seperti dilansir dari situs resmi klub.

Fadil menyebut tugas sebagai kapten tak sekadar di dalam lapangan. Ketika berada di luar lapangan pun, Fadil masih memiliki tugas lain.

"Ketika di luar lapangan, saya menjadi wadah keluhan para pemain untuk menyampaikan hal yang dapat diperbaiki bersama kepada manajemen," imbuhnya.

Sumber: Youtube Bali United

Disadur dari: Bola.com/Zulfirdaus Harahap/Hendry Wibowo

Published: 18 Mei 2020