FOLLOW US:


FIFA Hanya Tahu Persebaya Berubah Jadi Bhayangkara

05-12-2017 15:13
FIFA Hanya Tahu Persebaya Berubah Jadi Bhayangkara
Bhayangkara FC saat selebrasi juara Liga 2. © Fitri Apriani

Bola.net - Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono menjelaskan alasan Bhayangkara FC (BFC) bisa menggunakan Transfer Matching System (TMS) FIFA dengan nama Persebaya Surabaya pada Liga 1 musim 2018. Alasannya menurut Joko, FIFA hanya tahu jika klub BFC merupakan perubahan nama Persebaya.

BFC sempat merekrut pemain asing dengan TMS FIFA atas nama Persebaya. Aktivitas bursa transfer tersebut diketahui setelah komunitas Save Our Soccer (SOS) mengumumkannya ke publik.

Kondisi tersebut dinilai bakal menghambat perjalanan Persebaya yang promosi ke Liga 1 musim 2018. Sebab, Persebaya juga akan mempersiapkan skuatnya musim depan.

"Seperti diketahui banyak kasus yang dahulu terjadi di klub Persebaya. FIFA hanya tahu Persebaya ada satu yaitu yang sekarang jadi Bhayangkara," ujar Joko kepada Bola.net, Selasa (5/12/2017).

"Semuanya akan menilik dalam satu periode dan keputusan kongres kemarin karena sekarang posisi Persebaya sudah di Liga 1, PSSI akan tuntaskan semuanya," sambung pria asal Ngawi, Jawa Timur ini.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Jokdri ini berjanji akan menyelesaikan polemik TMS Persebaya paling lambat pada 13 Januari 2018. Nantinya kedua klub akan dipanggil oleh federasi.

"Semuanya sudah pasti dan Insya Allah di pertengahan Januari 2018 sudah ter-update ke FIFA. Tidak hanya masalah TMS tapi juga masalah nama klub, badan hukum dan lain-lain," kata Jokdri.

"Itu harus sinkron nanti antara registrasi yang ada di PSSI sampai yang ada di AFC dan FIFA," tutup Jokdri. (fit/dzi)