FOLLOW US:


Harapan Dua Srikandi Sepakbola Indonesia di Hari Kartini

21-04-2018 17:23
Harapan Dua Srikandi Sepakbola Indonesia di Hari Kartini
Timnas Indonesia Wanita © Fitri Apriani/Bola.net

Bola.net - Hari ini, tepat 21 April, masyarakat Indonesia merayakan hari lahirnya Raden Ajeng Kartini. Perjuangannya untuk memperjuangkan hak-hak wanita di Indonesia menjadi inspirasi banyak kaum hawa, termasuk dua pemain Timnas Indonesia Wanita: Dhanielle Daphne dan Zahra Muzdalifah.

Bagi Daphne, Raden Ajeng Kartini adalah sosok yang pantang menyerah. Kegigihannya memperjuangkan hak kesetaraan, terutama dalam bidang pendidikan membuktikan bahwa semua bisa dicapai jika ada kemauan keras dari dalam diri.

"Kartini mengingatkan kita agar terus berjuang untuk memperoleh kesetaraan hak serta mengejar mimpi-mimpi kita dan membuktikan bahwa tidak ada batas selain langit dan Tuhan," ujar Daphne kepada Bola.net, Sabtu (21/4/2018).

Pemain kelahiran Jakarta ini berharap semangat Raden Ajeng Kartini bisa memberi dampak bagi wanita Indonesia masa kini, khususnya pesepakbola wanita. Selain itu, Daphne ingin semangat tokoh emansipasi wanita itu bisa menular ke sepakbola wanita.

"Semoga dengan adanya Hari Kartini semakin banyak putri-putri Indonesia yang termotivasi untuk mengejar impian mereka dan percaya kalau usaha dan kerja keras akan membuahkan hasil. Kemudian untuk sepakbola wanita di Indonesia bisa semakin maju dan bisa diadakan pembinaan bakat-bakat muda. Semua itu tidak ada yang instan, tetapi harus dijalani dengan serius karena proses tidak akan mengkhianati hasil," harap Daphne.

Hal serupa juga diutarakan oleh Zahra. Di Hari Kartini ini, dia berharap timnas wanita bisa lebih maju dan tim semakin kompak.

"Semoga timnas wanita semakin solid, mulai dari official, pelatih, sampai pemain, karena tim itu bukan hanya 11 pemain, tapi semua bersatu dan berjuang di dalam maupun di luar lapangan untuk membawa nama Indonesia. Tim yang berisi pemain yang solid atau kompak, akan lebih susah dikalahkan dibanding tim yang bertabur pemain bintang," tutur pesepakbola berambut pirang ini.