FOLLOW US:


Haruna Sumitro Jamin Tak Ada Klub Yang Lolos Verifikasi AFC

15-10-2017 04:18
Haruna Sumitro Jamin Tak Ada Klub Yang Lolos Verifikasi AFC
Haruna Sumitro (kanan) © Dendy Gandakusuma

Bola.net - Haruna Sumitro buka suara terkait kabar tidak lolosnya beberapa klub baru dalam verifikasi lisensi AFC sebagai pra syarat mengikuti kompetisi level Asia. Salah satunya adalah Madura United, tim yang sudah dibesarkannya bersama Achsanul Qosasi dalam dua tahun terakhir.

Haruna yang kini menjabat sebagai Manajer Madura United, tak menampik kabar tersebut. Namun mantan Ketua Pengprov PSSI Jawa Timur itu menjamin dan berani bertaruh bahwa tidak ada satu pun klub peserta Liga 1 musim 2017 yang memenuhi syarat untuk mendapatkan lisensi AFC.

"Ada pemahaman yang keliru, bahkan mungkin beberapa media sudah terlanjur meng-endorse berita bahwa tim-tim baru, Bali United, Madura dan Bhayangkara tidak lolos dalam verifikasi lisensi AFC," ungkap Haruna Sumitro.

"Perlu saya klarifikasi bahwa saya menjamin, saya berani bertaruh bahwa tidak satu pun dari 18 tim itu memenuhi syarat lisensi yang ditetapkan oleh AFC. Jadi jangan kemudian tim baru diberitakan bahwa tidak memenuhi syarat," imbuhnya.

"Kalau secara normatif, pasti tidak ada satu pun klub di hasil kompetisi ini yang bisa ikut Liga Champions Asia atau pun AFC Cup‎," tegasnya.

Sehingga ia menilai perlu ada langkah kongkret dari operator liga dalam hal ini PT. Liga Indonesia Baru dan PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia untuk memberikan pendampingan kepada klub dalam perjuangannya mendapat lisensi AFC itu.

"Menurut saya dalam peristiwa ini, harusnya adalah liga maupun federasi melakukan pendampingan, melakukan asistensi, melakukan advokasi untuk meloloskan atau membantu klub punya kemampuan meloloskan lisensi itu," jelasnya.

Ia pun menegaskan bahwa Madura United sendiri siap untuk memenuhi beberapa syarat memperoleh lisensi. Terpenting bagaimana federasi maupun operator liga bisa membantu manajemen Laskar Sapeh Kerrab dalam melengkapi kekurangan.