Hasil Pertandingan BRI Liga 1 2021-22: PSIS Semarang 0-0 Madura United

Dimas Ardi Prasetya | 29 September 2021 20:21
Pemain Madura United, Ronaldo Joybera R. Junior Kwateh (kanan) berebut bola dengan pemain PSIS, Jonathan Eduardo Cantillana Zorilla saat laga pekan kelima BRI Liga 1 2021/2022 antara PSIS Semarang melawan Madura United di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (29/09/2021) WIB. (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - PSIS Semarang hanya bisa bermain imbang 0-0 melawan Madura United di pekan kelima BRI Liga 1 2021-22 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Rabu (29/9/2021) malam.

Baik PSIS dan Madura bertekad untuk melanjutkan tren positifnya di BRI Liga 1 2021-22 ini. Mahesa Jenar tak terkalahkan dalam empat pertandingan pertama sementara Laskar Sappe Kerrab baru saja menumbangkan PSS Sleman.

Kedua tim sudah berusaha maksimal untuk meraih kemenangan. PSIS dan Madura United pun saling adu serangan.

Sayangnya lini serang keduanya sedang ambyar. Alhasil tak satu pun gol tercipta di laga ini.

Baca laporan pertandingannya di bawah ini Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Babak Pertama

Kedua tim langsung mengambil inisiatif melakukan serangan sejak menit pertama pertandingan. Namun, upaya pemain PSIS maupun Madura United kerap mudah dipatahkan di sepuluh menit pertama. Bahkan, penjaga gawang masing-masing kerap keluar dari sarangnya menjemput bola sebelum pemain tim lawan melepas tembakan.

Peluang pertama duel ini baru lahir di menit ke-17 lewat situasi tendangan sudut. Gelandang Madura United Hugo Gomes Jaja melepas umpan ke jantung pertahanan yang disambar tandukan oleh striker Rafael Silva. Sayangnya, bola melenceng dari gawang.

PSIS tidak ketinggalan dengan terus berupaya melancarkan serangan. Tiga menit berselang, peluang pertama mereka lahir lewat Bruno Silva yang memanfaatkan umpan tarik Fredyan Wahyu. Namun, tembakannya masih melambung.

Jual beli serangan masih terus tersaji meski bola lebih banyak berkutat di lapangan tengah. Kalaupun sampai menembus barisan pertahanan, serangan mereka masih mampu dipatahkan sebelum melahirkan tembakan.

Madura United terlihat banyak membukukan peluang sampai menit ke-40. Di menit itu, gelandang Kim Jinsung melakukan percobaan dengan melepas tembakan jarak jauh keras yang tidak terukur dan jauh dari sasaran.

Shot on target pertama pertandingan ini akhirnya tercipta di menit ke-44. Septian David Maulana mengirim umpan terobosan yang membuat Bruno Silva masuk kotak penalti Madura United. Tapi, tembakannya masih belum berbuah gol karena mudah diamankan kiper Muhammad Ridho.

Babak pertama berakhir dengan skor 0-0 yang menghiasi turun minum. Kedudukan sementara ini sekaligus membuat PSIS memperpanjang catatan tidak pernah berhasil mencetak gol di babak pertama dalam lima laga beruntun BRI Liga 1.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Madura United tidak menunggu untuk tampil lebih ofensif di awal babak kedua. Kans mencetak gol langsung lahir di menit ke-49. Slamet Nurcahyo mampu mengontrol bola dan melepas tembakan seusai menerima umpan Ronaldo Kwateh, namun masih melebar dari gawang PSIS.

PSIS giliran membukukan peluang mereka melalui aksi individu Septian David Maulana di menit ke-49. Dia mendribel bola dan melepas tembakan keras mendatar dengan kaki kanan yang sayangnya masih belum menemui sasaran.

Dua menit berselang, giliran Madura United yang menebar ancaman setelah Rafael Silva mengirim umpan kepada bek kanan Dodi Alekvan Djin. Dodi menyambarnya dengan tembakan keras dari jarak dekat gawang yang masih mampu ditepis Jandia Eka Putra.

Kedua kesebelasan masih saling menyerang, meski terlihat belum optimal. Baik PSIS maupun Madura United terlihat kesulitan menemukan celah ruang tembak sehingga belum melahirkan gol.

PSIS kemudian melakukan serangan dan tembakan bertubi-tubi di menit ke-74. Berawal dari umpan silang, bola disambar sundulan oleh Wallace yang masih membentur tiang. Bola liar kemudian ditanduk Bruno Silva yang mampu dihalau Fachruddin Aryanto.

Penyelamatan yang dilakukan kapten Madura United melahirkan sepak pojok yang dilepaskan oleh Jonathan Cantillana. Kiriman bola gelandang berpaspor Palestina itu disambut sundulan oleh Hari Nur Yulianto yang sayangnya masih melambung di atas mistar Madura United.

Pertandingan berjalan semakin ketat karena kedua tim masih belum mampu menggetarkan jala gawang lawan. Berbagai upaya serangan dilakukan mulai dari sisi sayap hingga umpan terobosan ke kotak penalti.

Madura United kembali hampir mencetak gol saat laga berjalan di menit ke-89. Bayu Gatra mengirim umpan silang ke arah Rafael Silva yang diteruskan dengan sundulan. Bola mengarah ke gawang tetapi masih mudah ditangkap oleh Jandia.

Tidak ada gol yang tercipta sampai wasit Yudi Nurcahya membunyikan peluit panjang tanda pertandingan berakhir. PSIS Semarang dan Madura United harus puas berbagi angka satu poin pada pekan kelima BRI Liga 1 2021-22 ini.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

PSIS (4-3-3): Jandia Eka Putra (kiper); Fredyan Wahyu, Wallace Costa, Wahyu Prasetyo, Frendi Saputra (belakang); Finky Pasamba, Jonathan Cantillana, Brian Ferreira (tengah); Septian David Maulana, Bruno Silva, Hari Nur Yulianto (depan)

Pelatih: Imran Nahumarury

Madura United (4-3-3): Muhammad Ridho (kiper); Dodi Alekvan Djin, Kadek Raditya, Fachruddin Aryanto, Novan Setya Sasongko (belakang); Kim Jinsung, Slamet Nurcahyo, Hugo Gomes Jaja (tengah); Ronaldo Kwateh, Rafael Silva, David Laly (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Disadur dari: Bola.com/Penulis Aditya Wany/Editor Gregah Nurikhsani
Published: 29/09/2021

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR