FOLLOW US:


Hindari Match Fixing, Exco PSSI Bakal Pantau Pekan Terakhir Liga 1

29-11-2018 13:47
Hindari Match Fixing, Exco PSSI Bakal Pantau Pekan Terakhir Liga 1
Gusti Randa (ketiga dari kanan) © Fitri Apriani

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Gusti Randa menyatakan pihaknya akan memantau seluruh pertandingan pekan ke-34 Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak 2018. Itu dilakukan untuk menghindari pengaturan skor.

Isu pengaturan skor atau match fixing merebak sepekan belakangan. Dugaannya mengarah ke pertandingan babak delapan besar Liga 2 antara Madura FC versus PSS Sleman.

Aksi pengaturan skor pun rentan terjadi pula di Liga 1. Apalagi hingga pekan ke-32, belum ada klub yang dipastikan menjadi juara dan degradasi ke Liga 2.

Sehingga, kecurigaan jual beli pertandingan antara klub papan atas, maupun klub papan bawah untuk terhindar dari zona degradasi menjadi membesar. Maka dari itu, Exco merasa perlu untuk memberikan pengawasan.

"Nanti jadwal pertandingan (pekan ke-34) akan dimainkan secara bersamaan dan akan dipantau oleh Exco," ujar Gusti ketika dihubungi Bola.net, Kamis (29/11).

Adapun, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi telah menetapkan jadwal serempak untuk klub yang berpotensi meraih juara serta selamat dari zona degradasi. Partai pekan ke-34 Liga 1 bakal digelar pada 9 Desember yang melibatkan pertandingan PSM Makassar, Persija Jakarta, Mitra Kukar, Sriwijaya FC, Perseru Serui, PS Tira, dan PSMS Medan.