FOLLOW US:


Ihwal Cedera Maitimo, Ini Kata Dokter Persebaya

11-10-2018 07:51
Ihwal Cedera Maitimo, Ini Kata Dokter Persebaya
Raphael Maitimo © Mustopa El Abdy

Bola.net - Gelandang Persebaya Surabaya, Raphael Maitimo belum bisa berlatih secara normal setelah menepi selama lebih dari satu bulan. Mantan pemain Madura United masih menjalani latihan terpisah.

Menurut dokter Tim Persebaya, dr. Pratama Wicaksana, sebenarnya kondisi Maitimo sudah menunjukkan progres yang bagus. Namun pihaknya belum bisa memberikan menu latihan yang lebih berat.

”Untuk Maitimo kalau dilihat sebenarnya sudah ada progres dari dia cuma belum bisa beberapa gerakan dengan latihan-latihan kita. Itu sebenarnya ada progres,” kata pria yang akrab disapa Tommy ini.

”Memang kita menyesuaikan latihan progresnya sesuai dengan keluhannya. Selebihnya kita enggak memaksakan ketika dia merasa enggak nyaman atau sakit,” sambungnya.

Namun, alumnus Universitas Brawijaya ini menegaskan bahwa dirinya tidak bisa memprediksi kapan kondisi Maitimo akan kembali normal. Sebab, kondisi cedera pemain selalu berubah setiap harinya.

”Saya selalu bilang cedera olahraga itu selalu dinamis, dilihat tiap hari posisinya bagaimana. Kita selalu ada prediksi tapi prediksi tidak selalu benar. Jadi ya semoga bisa segera bisa pulih dan bisa kembali lebih cepat,” jelasnya.

Sementara untuk mencegahnya bertambahnya pemain cedera di Persebaya, Tommy mengatakan bahwa dirinya telah memberikan treatment khusus kepada pemain. Dan ia mengklaim program pencegahan tersebut cukup berhasil.

”Kalau untuk treatment khusus dari medis selalu dikasih, maksudnya treatment itu kita ada program pencegahan cedera baik latihan penguatan latihan stretching. Tadi ada alat-alat sebelum latihan untuk stretchingnya dia (pemain),” tambahnya.

”Sebenarnya sih kalau sekarang kondisinya, cedera yang terjadi adalah cedera yang terjadi waktu pertandingan, dan relatif memang benturan trauma. Bukan ada faktor-faktor lain yang menghalangi,” pungkasnya.