FOLLOW US:


Ini Kunci Evan Dimas Bisa Mentas ke Level Sepak Bola Profesional

27-05-2020 21:21

 | Serafin Unus Pasi

Ini Kunci Evan Dimas Bisa Mentas ke Level Sepak Bola Profesional
Evan Dimas © Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Bola.net - Evan Dimas angkat bicara soal rahasianya mematahkan kutukan yang acap menyerang talenta muda Indonesia, layu sebelum berkembang. Gelandang Persija Jakarta ini menyebut bahwa profesionalisme merupakan kunci dari suksesnya selama ini.

Menurut Evan, bersinar di usia muda lebih mudah ketimbang mempertahankan raihan tersebut sampai level profesional. Ibaratnya, sambung pemain berusia 25 tahun ini, meraih lebih mudah daripada menjaga.

"Bagi saya pribadi, salah satu cara agar bisa menjaga apa yang sudah kita capai adalah dengan bersikap profesional," kata Evan, menjawab pertanyaan Bola.net, pada acara unjuk wicara yang diinisiasi Garuda Nusantara.

"Tak hanya di dalam lapangan, di luar lapangan pun kita harus profesional," imbuhnya.

Menurut Evan, profesionalisme dimulai dari hal sederhana. Salah satunya, sambung pilar lini tengah Timnas Indonesia ini, adalah dengan menyadari status sebagai atlet.

"Dari situ kita harus bisa menjaga pola dan asupan makanan, menjaga pola tidur. Yang pasti kita harus menjaga diri," tuturnya.

Evan sendiri merupakan salah satu pemain muda yang sukses mentas ke level profesional. Di level muda, ia sukses membawa Timnas U-19 menjuarai Piala AFF U-19 pada 2013 silam. Setelahnya, ia mentas ke level profesional dan menjadi salah satu andalan Timnas Indonesia.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1

Tingkatkan Kualitas

Lebih lanjut, Evan menyebut ada hal lain yang juga harus dilakukan agar pemain tak layu sebelum berkembang. Tak cukup menjaga kondisi, menurut pemain asal Surabaya ini, para pemain tersebut harus meningkatkan kualitas mereka.

"Para pemain muda harus terus meningkatkan kualitas agar performa bisa terus meningkat," kata Evan.

"Tanpa hal tersebut, sulit bagi para pemain muda untuk bisa mentas di level lebih tinggi," ia menambahkan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)