FOLLOW US:


Ismed Sofyan Ungkap Kriteria yang Harus Dimiliki Seorang Kapten

04-10-2017 00:55

 | Ismed Sofyan

Ismed Sofyan Ungkap Kriteria yang Harus Dimiliki Seorang Kapten
Ismed Sofyan © Fitri Apriani

Bola.net - Ismed Sofyan membeberkan pengalamannya menjadi kapten Persija Jakarta. Menurut Ismed, semua pemain bisa dipercaya memakai ban kapten asalkan bisa jadi panutan bagi rekan-rekannya baik di dalam maupun di luar lapangan.

Mantan bek tim nasional Indonesia ini sudah menjabat sebagai pemimpin skuat Macan Kemayoran sejak 2016 era Persija dibesut Paulo Camargo. Menurutnya, seorang kapten harus bisa menjadi sumber inspirasi.

"Siapapun bisa jadi kapten. Tapi harus tahu bagaimana kasih contoh yang baik di dalam dan luar lapangan," ujar Ismed di Jakarta, Senin (2/10/2017).

"Terutama saat latihan, kita tunjukkan kerja keras dan bisa main reguler. Selain itu tidak semena-mena agar mereka bisa terinsipirasi di setiap pertandingan," sambung pesepakbola asal Aceh ini.

Berkarier hampir dua dekade sebagai pemain, kini pria berusia 38 tahun tersebut telah mempersiapkan masa depannya setelah gantung sepatu. Ismed berencana untuk beralih profesi sebagai pelatih.

Ismed sendiri sudah mengambil langkah awal untuk menjadi pelatih. Pemain yang memiliki tinggi 168 centimeter ini sudah mengikuti kursus pelatih lisensi C pada pertengahan tahun 2017 lalu.