Jakarta International Stadium (JIS) Lolos Verifikasi, Bisa Dipakai Persija untuk Liga 1

Gia Yuda Pradana | 22 Juni 2022 13:47
Jakarta International Stadium (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Jakarta International Stadium (JIS) sudah lolos verifikasi PT Liga Indonesia Baru (LIB). Persija Jakarta pun bisa memakai stadion anyar itu untuk Liga 1 2022-2023.

Sebelumnya, Persija meminta PT LIB untuk memverifikasi JIS. Maklum, stadion berkapasitas 82 ribu penonton itu baru rampung dibangun.

Belakangan, beredar kabar bahwa Persija Jakarta lebih memprioritaskan Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi daripada JIS untuk jadi kandang mereka di Liga 1 2022/2023.

"JIS sudah kami verifikasi. Sudah selesai. Jadi, tergantung Persija mau stadion yang mana," ujar Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

1 dari 3 halaman

Grand Launching JIS Ditunda

Jakarta International Stadium (JIS) (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

JIS memang belum dibuka secara resmi. PT Jakarta Propertindo (Jakpro), selaku pemegang proyek JIS, memundurkan Grand Launching JIS dari 25 Juni 2022 ke Juli 2022.

Namun, JIS sempat menjadi tuan rumah untuk International Youth Championship (IYC) 2021 pada April tahun ini.

"Kalau yang saya dengar, ada masalah administrasi peralihan dari PT Jakpro ke Pemerintah Provinsi. Sepertinya belum selesai," ujar Lukita.

"Bukan soal teknis, tapi administrasi soal JIS. Yang saya dengar begitu, tapi coba cek lagi ke Pemerintah Provinsi karena yang menentukan Persija," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Verifikasi Stadion Lain

Logo PT Liga Indonesia Baru. (c) Bola.com/Dody Iryawan

PT LIB juga telah menuntaskan verifikasi stadion yang akan debut di BRI Liga 1 musim depan, seperti Stadion Gelora B.J. Habibie yang bakal dipakai PSM Makassar.

PSM terpaksa bermarkas di Stadion B.J. Habibie, Parepare karena Stadion Andi Mattalatta Mattoangin telah rata dengan tanah.

"Untuk yang lain, yang paling jauh Parepare, sudah diverifikasi juga. Untuk PSM sudah selesai," kata Lukita.

"Seharusnya stadion yang besar-besar sudah lolos verifikasi. Seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Manahan sudah memenuhi syarat," imbuhnya.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR