FOLLOW US:


Jakmania Ajak Seluruh Suporter Instropeksi Diri

14-09-2013 13:35
Jakmania Ajak Seluruh Suporter Instropeksi Diri
The Jakmania. Eggi Paksha
Bola.netBola.net - Sanksi yang didapat Bobotoh maupun Viking selaku pendukung Persib Bandung dari Komisi Disiplin (Komdis), membuat The Jakmania -julukan suporter Persija Jakarta- mengintropeksi diri. Kelompok yang identik dengan warna Orange berharap para suporter lainnya di tanah air bisa menjadikannya sebagai bahan pelajaran ke depannya.

"Untuk kawan-kawan Viking dan suporter di tanah air lainnya, ambil hikmahnya saja. Bahwa, segala tindakan salah pasti ada konsekuensi yang bertujuan untuk memberikan aspek jera," ujar Ketua Umum The Jakmania, Muhammad Larico Ranggamone.

Karena itu, Larico sangat berharap agar tidak adalagi tindakkan kekerasan dalam setiap pertandingan sepak bola. Baik itu di dalam, maupun luar lapangan. Dilanjutkannya, sepakbola harus bisa dijadikan sebuah hiburan olahraga yang menyenangkan dan dapat disaksikan semua lapisan masyarakat.

"Ayo, kini saatnya kita intropeksi diri kawan. Hentikan segala tindakan anarkisme dan terima dengan lapang dada. Kami pun pernah mengalaminya pada 2007. Buat apa kita lestarikan hal yang jelek dan saling ejek," sambungnya.

Komdis yang berada di bawah pimpinan Hinca IP Pandjaitan tersebut, resmi melarang para suporter Persib hadir dalam laga kandang Indonesia Super League (ISL) musim 2013-2014. Hal tersebut, menyusul perlakuan buruk ketika dijamu Persija Jakarta dalam lanjutan ISL musim ini di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 28 Agustus lalu.

Komdis menilai, suporter Persib sebagai provokator keributan di dalam stadion dan melanggar Kode Disiplin Pasal 75 Ayat 7. Kemudian, Panpel Persib juga didenda Rp50 juta sesuai Kode Disiplin Pasal 75 Ayat 8.