FOLLOW US:


Kalah Perdana di pra-PON, Futsal Jatim Masih Optimistis

24-11-2015 16:05
Kalah Perdana di pra-PON, Futsal Jatim Masih Optimistis
Ilustrasi futsal © ist
Bola.netBola.net - Tim futsal Jawa Timur (Jatim) menelan kekalahan pertama di babak 16 besar kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON). Berjumpa tuan rumah Kalimantan Selatan di Borneo Futsal Banjarmasin, Selasa (24/11) siang, anak asuh Andri Irawan menyerah dengan skor 1-3.

Sempat landai di menit-menit awal, kedua tim baru menampilkan wujud permainan aslinya selepas menit ke-10. Kalsel membuka keunggulan pada menit ke-13 lewat sepakan M. Thaha. Namun tak kurang dari satu menit berselang, Jatim mampu menyamakan kedudukan lewat Gusti Dian Ardianto. Saling serang kembali terjadi. Tapi hingga jeda, skor masih imbang 1-1.

Kala paruh kedua baru berlangsung, Kalsel unggul cepat lewak aksi M. Ramli. Setelah tertinggal 1-2, Jatim seolah kesulitan mencetak gol. Hal ini tak lepas karena rapatnya sektor pertahanan sang tuan rumah babak 16 pra-PON. Justru tuan rumah mampu memperbesar keunggulan menjadi 3-1. Keunggulan Kalsel bertahan hingga bubar laga.

Kekalahan ini tak lantas menutup peluang Jatim untuk lolos ke PON XIX Jawa Barat (Jabar) 2016 nanti. Sebab Jatim sebelumnya sudah mengantongi dua kemenangan atas Sumatera Utara (Sumut) dan Banten. "Kekalahan ini tak berpengaruh ke peluang kami lolos ke PON," tutur Robert Nepa Seno, Project Officer Puslatda Futsal Jatim.

Septiyan Dwi Chandra dan kolega masih memiliki empat pertandingan sisa. Yakni melawan Aceh (26/11), DKI Jakarta (27/11), Sumatera Selatan (28/11) dan Kepulauan Riau (29/11). "Berdasarkan hasil kalkulasi internal, kami hanya butuh dua kemenangan dan sekali hasil imbang untuk lolos ke Jawa Barat. Dengan empat pertandingan tersisa, kami tetap yakin dan sangat optimis bisa melaju ke PON 2016 nanti," kata Robert, Selasa siang.