FOLLOW US:


Kemiripan Atmosfer Sepak Bola dan Fenomena Legiun Brasil di Indonesia

19-04-2020 09:06

 | Gia Yuda Pradana

Kemiripan Atmosfer Sepak Bola dan Fenomena Legiun Brasil di Indonesia
Para pemain dan wasit Shopee Liga 1 2020 © Liputan6.com/Johan Tallo

Bola.net - Banyak legiun asing asal Brasil yang merumput di Indonesia. Fenomena ini mungkin disebabkan oleh miripnya atmosfer sepak bola kedua negara. Hal itu diutarakan oleh pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.

Shopee Liga 1 2020 yang jadi kompetisi elite Indonesia diramaikan dengan kehadiran 23 pemain Brasil. Persela Lamongan menjadi klub yang paling banyak menggunakan jasa pemain Brasil, sedangkan Bali United memiliki 1 orang saja, yakni Willian Pacheco.

Mayoritas pemain Brasil itu memiliki peran penting di klubnya. Teco menilai femonena itu tidak aneh karena para pemain Brasil dikenal mudah beradaptasi dengan gaya sepak bola di liga luar negaranya.

1 dari 2

Negara Sepak Bola

Negara Sepak Bola
Luciano Leandro di PSM Makassar © Bola.com/Dok. Pribadi

"Saya pikir pemain Brasil bisa beradaptasi lebih cepat dibandingkan pemain dari negara lain untuk bermain di Indonesia dan bisa bantu tim memberi prestasi. Brasil adalah negara besar dengan banyaknya pemain bola," kata Teco seperti dikutip situs resmi Bali United, Sabtu (18/4/2020).

"Ada pemain yang bagus, akan tetapi tidak bisa masuk atau bertahan lama di tim besar yang ada di Brasil. Sehingga mereka lebih memilih bermain di luar negara Brasil, satu di antaranya adalah Indonesia karena suasananya mirip dengan Brasil," ujar pelatih asal Brasil.

Fenomena kompetisi elite Indonesia yang digandrungi pemain Brasil sebenarnya sudah terjadi sejak dulu. Nama-nama tenar yang punya bagian penting di peta sepak bola Indonesia antara lain Jacksen F. Tiago, Luciano Leandro, Carlos de Mello, Antonio Claudio, hingga Alberto Goncalves sebelum berganti kewarganegaraan Indonesia.

2 dari 2

Mencoba Petualangan

Mencoba Petualangan
Stefano Cugurra Teco © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Stefano Cugurra Teco juga memberi saran agar pemain Indonesia berani untuk mencoba petualangan di luar negeri. Menurut Teco, hal itu akan sangat membantu untuk Timnas Indonesia di masa depan.

"Saya melihat memang seharusnya pemain-pemain dari Indonesia lebih banyak untuk berani bermain bersama tim dari negara lain. Selain menambah pengalaman mereka untuk menambah kualitas sebagai pemain, mereka juga bisa bantu banyak untuk Timnas Indonesia," imbuh Teco.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Zulfirdaus Harahap/Editor Yus Mei Sawitri

Published: 18 April 2020