Ketika Persib Bandung Menjadi Persib BanDutch

Asad Arifin | 2 Juli 2021 15:28
Robert Rene Alberts di latihan Persib Bandung (c) Bola.com/Erwin Snaz

Bola.net - Marc Klok membuat nuansa Belanda di skuad Persib Bandung musim 2021/2022 makin kental. Kini, mulai muncul istilah Persib BanDutch yang merujuk banyaknya pemain asal Belanda di skuad Maung Bandung.

Persib Bandung memang memiliki beberapa amunisi yang berasal dari Belanda, mulai dari sang pelatih Robert Alberts, hingga deretan pemain, seperti Nick Kuipers, Geoffrey Castillion, Ezra Walian, dan yang terbaru adalah Marc Klok.

Dua nama terakhir merupakan pemain naturalisasi yang memang lahir di Belanda.

1 dari 2 halaman

Robert Alberts Justru Senang

Ezra Walian berlatih bersama Persib Bandung (c) Dok. Persib Bandung

Mendapatkan sebutan Persib BanDutch, pelatih Robert Alberts mengaku menyukainya. Namun, Robert Alberts mengaku semua bukanlah faktor kesengajaan, tapi memang kebutuhan tim.

"Saat ini banyak orang yang menyebut Persib BanDutch. Saya sendiri menyukainya, tapi saya ingin mengatakan banyaknya pemain asal Belanda di Persib pada musim ini adalah murni hal yang tidak disengaja," ujar Robert di Bandung, Kamis (1/7/2021).

Robert Alberts bahkan menegaskan tidak pernah dengan sengaja mencari pemain khusus dari Belanda. Apalagi Ezra Walian dan Marc Klok merupakan pemain naturalisasi yang akhirnya memang memilih bergabung bersama Persib.

"Sebenarnya mereka berdua bisa bergabung dengan klub mana pun, tapi ini keputusan dan ambisi mereka untuk bergabung dengan Persib. Saya tegaskan, ini bukan soal uang, tapi keinginan pemain untuk membela Persib Bandung," ujar Robert.

2 dari 2 halaman

Bukan karena Uang, tapi Ingin Juara

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts (c) Bola.com/Erwin Snaz

Robert Alberts pun menilai keputusan Marc Klok ke Persib Bandung bukan semata karena uang, melainkan prinsip yang diyakini oleh Persib sebagai klub masa depan.

"Klub ini berjuang untuk bisa menjadi juara setiap tahunnya dan karena itu Marc ingin berkontribusi di dalam tim pemenang untuk menjadi seorang pemenang," ujar Robert.

Bergabungnya Marc Klok diakui Robert justru karena ada tugas yang harus diembannya, yakni menjadikan Persib sebagai tim juara. Tentu ini menjadi tugas yang cukup berat.

"Kontrak Marc Klok adalah tiga tahun plus opsi perpanjangan satu tahun. Ia datang bukan sebagai pemain yang masih berkembang, tapi sudah berada dalam puncak performanya dalam satu sampai tiga tahun ke depan. Ini adalah upaya kami melakukan regenerasi pemain di dalam tim," ujar Robert mengakhiri.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Erwin Snaz/Benediktus Gerendo, 1 Juli 2021)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR