FOLLOW US:


Ketika Tim-tim Jawa Timur Kehilangan Tuah Kandang

19-03-2020 10:53

 | Gia Yuda Pradana

Ketika Tim-tim Jawa Timur Kehilangan Tuah Kandang
Pelatih Persik Kediri, Joko Susilo © Bola.com/Gatot Susetyo

Bola.net - Pandemi virus Corona telah membuat Shopee Liga 1 2020 dihentikan untuk sementara. Ada beberapa hal menarik yang muncul hingga pekan ke-3, sampai sebelum dikeluarkannya penundaan. Salah satunya adalah tentang tim-tim Jawa Timur yang kehilangan tuah kandang.

Hingga pekan ketiga, ada beberapa tim yang telah kehilangan poin saat tampil di kandangnya. Padahal laga kandang merupakan modal berharga untuk mendulang tiga angka agar bisa bersaing dengan klub-klub lain.

Berikut analisis lima klub asal Jatim yang telah kehilangan poin hingga pekan ketiga lalu. Persik Kediri menduduki peringkat teratas. Dengan asumsi jatah kandang harus menang, seharusnya Persik telah memiliki enam poin.

Namun, saat ini juara Liga 2 2019 tersebut baru mengumpulkan dua poin dari pertandingan yang dijalani. Dari dua kali laga kandang, Persik hanya mendulang satu poin saat ditahan Bhayangkara FC 1-1.

Ditambah satu poin ketika main seri dengan Persebaya 1-1 pada laga pembuka. Persik telah kehilangan empat poin kandang.

1 dari 2

Persebaya dan Persela

Persebaya dan Persela
Persebaya Surabaya © Bola.com/Aditya Wany

Posisi kedua ditempati Persebaya Surabaya. Bajul Ijo juga telah kecolongan empat angka di kandang, ketika dipaksa main seri dengan Persik, dan takluk 3-4 dari Persipura Jayapura.

Meski sama-sama kehilangan empat poin, Persebaya lebih baik dibanding Persik. Tim asuhan Aji Santoso ini baru bermain dua kali, sedangkan Persik tiga kali.

Tempat ketiga diduduki Persela. Tim asal Kota Soto ini menghuni dasar klasemen sementara tanpa kemenangan. Tapi, sebenarnya, nasib Persema lebih baik daripada Persik dan Persebaya. Anak asuh Nilmaizar ini hanya kehilangan tiga poin kandang saat ditundukkan PSIS 2-3.

2 dari 2

Madura United dan Arema FC

Madura United dan Arema FC
Arema FC vs Persib Bandung © Bola.com/Iwan Setiawan

Madura United menempati urutan keempat. Mereka kehilangan dua poin, karena dipaksa bermain imbang oleh Persiraja dengan skor 0-0 di Madura.

Dari semua tim asal Jatim, hanya Arema FC bisa dianggap 'tak kehilangan poin di kandang'. Secara faktual, Singo Edan memang sempat dipermalukan Persib 1-2 di Malang. Namun, Arema menebusnya dengan memetik tiga poin saat melawat ke kandang Persikabo.

Tak pelak lagi, Persik, Persebaya, Persela, dan Madura United harus bekerja keras mencari pengganti poin yang hilang saat melawat ke markas lawan.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Gatot Susetyo/Editor Yus Mei Sawitri

Published: 19 Maret 2020