FOLLOW US:


3 Legiun Asing Bernasib Sial di Shopee Liga 1 2020

19-03-2020 09:03

 | Gia Yuda Pradana

3 Legiun Asing Bernasib Sial di Shopee Liga 1 2020
Shunsuke Nakamura © Bola.com/Aditya Wany

Bola.net - Shopee Liga 1 2020 telah berlangsung tiga pekan, sebelum dihentikan sementara akibat pandemi virus Corona. Dari semua legiun asing, ada beberapa yang tampil apik bersama klubnya. Namun, ada pula beberapa yang bernasib sial.

Ada setidaknya tiga legiun asing yang menemui kenyataan tak menyenangkan. Tiga pemain itu adalah Jasmin Mecinovic dan Shunsuke Nakamura dari Persela Lamongan, serta Patrick Bordon dari Persik Kediri.

Persela memutus kontrak dua pemain asingnya, Mecinovic dan Nakamura. Sementara itu, Persik terpaksa membatalkan kontrak Bordon (Slovenia), karena yang bersangkutan terbukti punya riwayat cedera MCL dan ACL.

Perbedaannya, Mecinovic dan Nakamura, sempat memperkuat Laskar Jaka Tingkir di turnamen pra-musim Piala Gubernur Jatim dan dua laga di Liga 1. Sementara itu, Bordon sama sekali belum mencicipi kerasnya sepakbola Indonesia.

1 dari 2

Nasib Sama

Nasib Sama
Joko Susilo memimpin latihan Persik Kediri © Bola.com/Gatot Susetyo

Namun, ketiganya mengalami nasib sama, yakni terkatung-katung setelah pencoretan itu. Mereka tak bisa langsung pulang ke negaranya. Sebagai pemain profesional, ketiganya tetap berlatih di klubnya untuk menjaga kebugaran mereka.

Saat ini, Mecinovic dan Nakamura masih ikut latihan bersama Eki Taufik dkk. Itu pula yang dilakukan Patrick Bordon, ketika positif tak dipakai Persik.

Striker jangkung ini ingin memikat manajemen dan pelatih dengan terus berlatih keras. Dia berharap manajemen berubah pikiran tidak mencoretnya. Padahal saat itu, Persik telah mendatangkan pemain asal Serbia, Nikola Asceric sebagai penggantinya.

"Saya profesional. Uang bagi saya bukan segalanya. Saya hanya ingin main bola," kata Patrick Bordon yang merupakan jebolan klub Lecce, Italia.

2 dari 2

Tunggu Kompensasi

Tunggu Kompensasi
LA Mania, suporter Persela Lamongan © Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Sementara di Persela, pencoretan pemain menyisakan masalah. Mecinovic dan Nakamura belum pulang ke negara masing-masing. Mereka masih menunggu kejelasan kompensasi atas pencoretan tersebut. Sedangkan Patrick Bordon telah pulang ke Slovenia.

"Saya masih memiliki kontrak. Saya hanya mengikutinya," kata Shunsuke Nakamura, Rabu (18/3/2020).

"Sejauh ini tidak ada seorang pun dari manajemen yang berbicara kepada kami para pemain asing yang diputus kontraknya tentang apa pun," tegas mantan pemain Timnas Jepang U-17 tersebut.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Gatot Susetyo/Editor Wiwig Prayugi

Published: 19 Maret 2020