FOLLOW US:


Ketum PSSI: Ikut Turnamen Piala Presiden Itu Hak, Bukan Kewajiban

07-12-2017 01:46
Ketum PSSI: Ikut Turnamen Piala Presiden Itu Hak, Bukan Kewajiban
Edy Rahmayadi © Fitri Apriani

Bola.net - Klub-klub peserta Liga 1 tidak diwajibkan untuk ikut serta di turnamen Piala Presiden 2018. Hal itu ditegaskan oleh Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

Kompetisi Liga 1 musim 2017 sudah berakhir, dan kini tim-tim peserta mulai mempersiapkan diri untuk musim depan. Namun sebelum terjun ke kompetisi resmi, 18 klub Liga 1 dapat mengukur kekuatan tim dengan mengikuti turnamen Piala Presiden.

Rencananya, turnamen Piala Presiden jilid ketiga ini akan digelar pada bulan Januari 2018. Namun, untuk tanggalnya belum dipastikan.

PSSI selaku federasi sepakbola di Indonesia memberikan kebebasan pada klub-klub Liga 1 untuk tidak berpartisipasi di turnamen tersebut. Jika memutuskan tak ambil bagian, maka tidak ada hukuman bagi mereka.

"Kalau tidak mau ikut itu kan hak prerogatif mereka, namanya saja turnamen. Tetapi yang punya hak untuk ikut adalah 18 klub yang nanti main di Liga 1," ujar Edy di Makostrad, Gambir, Jakarta, Rabu (5/12/2017).

Akan tetapi, jika urusannya sudah masuk kompetisi resmi, PSSI tak mau berkompromi. Klub yang 'membelot' akan diganjar hukuman turun kasta.

"Dia tidak siap ya tidak apa-apa. Tapi pada saat nanti dia di Liga 1 dia tidak siap, degradasi dia," tegas Edy. (fit/pra)