FOLLOW US:


Krisis Winger, Persebaya Kesulitan Cari Komposisi Terbaik

25-07-2018 19:37
Krisis Winger, Persebaya Kesulitan Cari Komposisi Terbaik
Persebaya Surabaya © Mustopa El Abdy

Bola.net - Persebaya Surabaya mengalami krisis winger saat menjamu Persib Bandung dalam laga tunda pekan ke-9 Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak, Kamis malam. Mengingat hampir semua penyerang sayap milik Persebaya tidak bisa dimainkan.

Persebaya kehilangan Osvaldo Haay dan Irfan Jaya karena harus mengikuti pemusatan latihan timnas U-23 di Bali dan Oktafianus Fernando mendapat hukuman akumulasi kartu. Sementara winger tersisa, Ferinando Pahabol kondisinya belum seratus persen fit.

Padahal dengan formasi 4–3–3 yang kerap digunakan oleh Persebaya, sektor sayap selalu menjadi tumpuan serangan. Apalagi Green Force memang memiliki winger-winger berkualitas, sebut saja Irfan Jaya yang sudah menyumbang lima gol dan empat assist dari 13 kali penampilannya.

”Kita di beberapa posisi tidak ada banyak pilihan pemain, mungkin sedikit susah untuk komposisi tim yang lengkap,” ungkap Pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera.

Kehilangan pemain-pemain tersebut lanjut Alfredo memang sangat dirasakan pengaruhnya oleh Persebaya. Sehingga ia perlu memutar otak untuk mencari pemain pengganti. Bahkan bila perlu memplot beberapa penyerang menjadi winger atau memaksakan Fahabol yang masih belum benar-benar fit.

”Harus lihat kondisi dia [Ferinando Pahabol] hari ini, kalau dia bisa, nanti kita juga lihat siapa yang bisa main, dan bagaimana komposisi tim yang bisa ganti juga,” tegasnya.

Alfredo sebenarnya sudah menyiapkan beberapa pemain untuk menempati posisi winger. Nama Fandi Eko Utomo dan Ricky Kayame sepertinya akan dipilih sebagai alternatif untuk menggantikan peran Irfan Jaya cs. Mengingat keduanya juga pernah berpengalaman menjadi winger.

Selain kehilangan beberapa winger, Persebaya juga dipastikan tidak bisa menurunkan OK John dan Raphael Maitimo. Sebab mereka baru resmi menjadi pemain Persebaya sejak pekan ke-16, sedangkan pertandingan ini merupakan laga tunda pekan ke-9.