FOLLOW US:


Menpora Ingin Semua Atlet Dilindungi Asuransi

21-02-2018 00:22
Menpora Ingin Semua Atlet Dilindungi Asuransi
Imam Nahrawi selfie bersama pengurus APPI © Fitri Apriani

Bola.net - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi menggelar audiensi dengan Asosiasi Persepakbolaan Profesional Indonesia (APPI) di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Dalam kesempatan ini, perwakilan APPI yang hadir adalah Firman Utina selaku Presiden APPI, Andritany Ardhyasa Wakil Presiden APPI, Ponaryo Astaman General Manager APPI, serta Hansamu Yama dan Ramdani Lestaluhu sebagai anggota Executive Committee APPI.

Dalam audiensi itu, APPI menyampaikan jika Indonesia bersama dengan Malaysia dan Kosta Rika telah terpilih menjadi pilot project National Dispute Resolution Chamber (NDRC). NDRC sendiri merupakan sebuah badan peradilan yang khusus menangani sengketa kontrak yang terjadi antara pihak klub dengan pemain.

Dengan adanya NDRC tersebut, Imam berharap hak dan kewajiban pemain bisa lebih terjamin di masa yang akan datang. Selain itu, pria asal Bangkalan ini juga ingin hal seperti ini bisa menjadi pemicu atlet olahraga lainnya untuk lebih peduli pada masa depannya.

“Menurut saya ini menjadi inspirasi, tidak hanya pemain bola tetapi semua atlet olahraga selama ini hanya tergantung kemauan masing-masing klub untuk hal asuransi, padahal jika tidak ada perlindungan akibatnya besar dan panjang," ujar Imam.

Lebih jauh, Imam merasa perlu adanya Permenpora (Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga) yang sifatnya mengikat. Menurutnya, peraturan yang bersifat legal itu bisa menjadi pintu masuk bagi jaminan kesehatan dan hari tua untuk profesi atlet.

“Bagi saya ini hal yang amat serius untuk segera ada legalitas resmi. Saya harap paling tidak tiga bulan ke depan clear perumusannya,” kata Imam.

Kebijakan tersebut nantinya berlaku untuk semua atlet di cabang olahraga manapun. Hal ini menjadi upaya dari pemerintah untuk mensejahterakan atlet. Dengan begitu, para atlet akan lebih tenang dan fokus dalam berkarier karena masa depannya cukup terjamin.