FOLLOW US:


Menpora Pastikan Dana Penyegaran Perangkat Pertandingan Halal

09-07-2015 22:29
Menpora Pastikan Dana Penyegaran Perangkat Pertandingan Halal
Menpora Imam Nahrawi © Eggi Paksha
Bola.netBola.net - Difasilitasi Tim Transisi yang dibentuk Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), program penyegaran perangkat pertandingan untuk turnamen Piala Kemerdekaan selesai digelar di Wisma Soegondo Djojopoespito Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga, Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (9/7) malam.

Kegiatan yang dimulai sejak Rabu (8/7) tersebut, dipimpin tiga instruktur berlisensi AFC. Masing-masing yakni, Mulyana, Jajat Sudrajat, dan Ngadiman Asri.

Kemudian, dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, untuk menyaksikan langsung penandatanganan Pakta Integritas para peserta.

"Sponsor untuk turnamen sudah ada gambaran. Namun, diumumkannya nanti belakangan. Sedangkan untuk dana operasional ini (program penyegaran perangkat pertandingan) dari kita-kita, dana Kemenpora dan juga sponsor. Jangan khawatir, pokoknya halal," tegas Menpora Imam.

"Pemerintah akan terus mengawal perbaikan dan tata kelola sepak nasional. Jangan pernah takut dan risau dengan apapun. Kalau ada ancaman berupa SMS (pesan singkat), telepon, surat cinta atau apapun, simpan saja. Doakan orang yang melakukan demikian agar diberikan kesadaran. Kita punya tuhan dan kepercayaan hati yang akan menjaga kita," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, diikuti sebanyak 153 wasit dan asisten wasit serta 45 pengawas pertandingan yang berasal hampir dari seluruh Provinsi Indonesia. Mereka merupakan Asosiasi Wasit Professional Indonesia (AWAPI). Sebagian, berkualifikasi FIFA (4 orang) dan sisanya lulus sertifikasi C1.

Dalam program penyegaran tersebut, peserta mendapatkan banyak materi. Mulai dari praktik lapangan hingga peraturan permainan. Selain para wasit senior, tampil sebagai pembicara dari Mabes TNI, antara lain Letkol Heru Pujianto yang membawakan judul psikologi dan kepemimpinan (dalam mengatasi konflik)