FOLLOW US:


Pelatih Persija: Rizky Berkualitas, tapi Belum Siap Mental

16-05-2018 09:20
Pelatih Persija: Rizky Berkualitas, tapi Belum Siap Mental
Rizky Darmawan © Bola.com/Nick Hanoatubun

Bola.net - Kiper Persija Jakarta, Muhammad Rizky Darmawan tampil kurang maksimal kala timnya bersua wakil Singapura, Home United dalam dua leg babak semifinal Piala AFC 2018 zona ASEAN. Tercatat, Macan Kemayoran kalah dua kali dari pasukan Aidil Sharin.

Pada leg pertama di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (8/5), Persija kalah dengan skor 3-2. Teranyar, Ismed Sofyan dkk takluk 3-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (15/5) malam.

Dalam dua leg tersebut, ada dua blunder yang dilakukan Rizky. Pada leg pertama, dia melakukan kesalahan dalam menangkap bola yang menyebabkan gol ketiga Home United. Sementara pada pertemuan kedua, dia gagal menangkap umpan silang pemain Home United, yang kemudian mampu disundul Shahril Ishak untuk membuat gol pertama bagi tim tamu.

Kendati demikian, pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco tetap memberikan pujian untuk Rizky. Namun, pelapis Andritany Ardhiyasa itu hanya belum siap mental.

"Rizky kiper muda dan punya kualitas, tapi mungkin dia sekarang punya mental belum siap. Terus di Singapura leg pertama sudah bekerja keras. Di sepakbola ketika kehilangan satu pemain terbaik, seperti Andritany memang akan susah," ujar Teco.

"Sekarang Piala AFC sudah lewat, tapi kami sudah capai target. Meski sedih gagal ke final, saya minta maaf. Sekarang saatnya fokus ke liga," tambahnya.

Dari dua kekalahan di dua leg babak semifinal, Persija selalu kebobolan di menit awal. Penyakit itupun diakui oleh Teco masih belum bisa teratasi, meski mantan asisten pelatih Persebaya Surabaya ini sudah mencoba untuk memperbaikinya.

"Kami kurang konsen, saya sudah bicara banyak dengan pemain agar lebih fokus dan konsentrasi terus hati-hati. Tapi ini sepakbola, di lapangan semua kesalahan bisa terjadi," tutupnya.