FOLLOW US:


Pelatih Timnas Indonesia U-19 Akan Susul Garuda Select ke Inggris

20-04-2019 18:46
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Akan Susul Garuda Select ke Inggris
Fakhri Husaini © AFC

Bola.net - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini akan bertolak ke Inggris pada akhir April 2019. Kedatangan arsitek berusia 53 tahun itu ke negeri Ratu Elizabeth adalah untuk memantau para pemain muda Indonesia yang tengah menjalani program Garuda Select.

Sebagaimana diketahui, tim Garuda Select yang terdiri dari 24 pemain muda Indonesia di bawah usia 16 tahun sudah berada di Inggris sejak Januari 2019. Selain berlatih, mereka juga berkesempatan mendalami ilmu Sport Science dan kepelatihan dasar sepak bola profesional di bawah naungan Federasi Sepak bola Inggris (FA).

Sebagian besar para pemain Garuda Select merupakan pemain Timnas Indonesia U-16 yang berhasil menjuarai Piala AFF U-15 2018. Ditambah dengan beberapa pemain hasil seleksi dari program Elite Pro Academy yang telah berlangsung sejak musim lalu.

"Saya dapat informasi tanggal 30 April berangkat. Intinya saya ke Inggris untuk memantau eks timnas U-16 sekaligus melihat perkembangan mereka seperti apa, karena ini ada hubungannya dengan persiapan Timnas Indonesia U-19 nanti," ujar Fakhri, Sabtu (20/4).

"Saya akan persiapkan untuk Piala AFF bulan Agustus, kemudian Piala Asia bulan September. Ini persyaratan usianya kan tahun 2001. Jadi kami akan ambil usia yang paling tua, sementara di sana kan 2002," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Penegasan Fakhri Husaini

Kendati demikian, Fakhri menegaskan bila pemain yang memperkuat tim Garuda Select tidak serta-merta otomatis masuk ke dalam skuatnya. Terlebih sebelum bertolak ke Inggris, dia akan lebih dulu menggelar seleksi untuk skuatnya di Piala AFF U-18.

"Tapi tentu saya melihat juga untuk melengkapi hasil seleksi pemain yang akan saya lakukan pada tanggal 23 sampai 28 April mendatang," tutur Fakhri.

"Maka dari itu meskipun pemain-pemain ini usianya masih 16 tahun tapi kan ada beberapa klub yang memainkan mereka dalam Liga 1 U-19. Jadi nama-nama mereka juga masuk seperti Ernando, Septian David, si kembar Bagas-Bagus, Zico, ataupun Ander di PS Tira," imbuhnya.

Adapun, Piala AFF U-18 tahun ini akan digelar di Vietnam pada 5-18 Agustus mendatang. Pada event tersebut, skuat Merah Putih tergabung di Grup A bersama Myanmar, Laos, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam.