FOLLOW US:


Penalti Kontroversial, Persija Desak PSSI Rumahkan Wasit Ikhsan Prasetya Jati

23-11-2019 23:19

 | Aga Deta

Penalti Kontroversial, Persija Desak PSSI Rumahkan Wasit Ikhsan Prasetya Jati
Hamka Hamzah Berduel melawan Marko Simic © Persija Media

Bola.net - Kemenangan Persija Jakarta atas Arema FC terenggut. Apa sebab? Wasit Ikhsan Prasetya Jati memberikan penalti kontroversial kepada tuan rumah ketika kedua tim bertemu pada pekan ke-28 Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (23/11).

Sebelumnya, Persija mampu unggul lebih dulu melalui sundulan Marko Simic pada menit ke-76. Empat menit jelang bubaran, wasit Ikhsan menganggap pemain Macan Kemayoran melakukan handball di kotak penalti.

Dari tayangan ulang, tidak ada tangan pemain Persija yang menyentuh bola. Kejadian saat itu bola memantul dari paha Sandi Darman Sute kemudian mengarah ke pinggang Ryuji Utomo.

Tangan Ryuji sempat terangkat karena menghindari datangnya bola. Eksekusi penalti Makan Konate pun memupuskan harapan Persija untuk berpesta di Kanjuruhan

"Yang saya lihat juga seperti itu dan kalau memang mengenai tangan pun, kejadian itu di luar kotak penalti," ujar Manajer Persija, Ardhi Tjahjoko .

"Kemudian, perpanjangan waktu selama lima menit. Padahal, pada babak keuda, permainan relatif tidak banyak berhenti. Kemudian, laga selesai juga lebih dari lima menit perpanjangan waktu," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Protes ke PSSI

Ardhi meminta PSSI untuk merumahkan wasit Ikhsan. Pasalnya, kepemimpinan pengadil pertandingan asal Yogyakarta itu dapat merugikan pihak yang dicurangkan.

"Saya juga sudah mengajukan surat protes ke match commisioner. Bagi saya, PSSI seharusnya bisa memberikan tindakan tegas kepada wasit tersebut karena sangat merugikan tim kami," tutur pria berpangkat Marsekal Pertama (Marsma) TNI Angkatan Udara ini.

"Sebaiknya wasit tersebut diistirahatkan saja. Karena bisa merusak jalannya pertandingan dan dapat menyulut kemarahan," imbuh Ardhi.

(Fitri Apriani/Bola.net)