Persib vs Persija: Adu Taktik Robert Alberts vs Angelo Alessio, Siapa Unggul?

Afdholud Dzikry | 19 November 2021 13:59
Persib vs Persija: Adu Taktik Robert Alberts vs Angelo Alessio, Siapa Unggul?
BRI Liga 1: Persib vs Persija, Robert Alberts Vs Angelo Alessio. (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Salah satu duel yang paling dinantikan pada pekan 12 BRI Liga 1 bakal hadir akhir pekan ini. Persib Bandung vs Persija Jakarta bakal bertemu di laga pertama seri ketiga Liga 1 2021 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (20/11/2021).

Pertemuan pertama Persib vs Persija di BRI Liga 1 musim ini diprediksi bakal berlangsung dengan tensi tinggi. Rivalitas panas Persib vs Persija terjadi tak hanya di dalam lapangan, tapi juga di luar lapangan melibatkan kelompok suporter masing-masing tim.

Persib berambisi memetik tiga poin demi menjaga rekor tidak terkalahkan di BRI Liga 1. Adapun, Persija tengah berjuang kembali ke jalur kemenangan setelah menelan hasil mengecewakan dalam tiga laga terakhir.

Maung Bandung saat ini berada di peringkat kedua dalam klasemen sementara BRI Liga 1 dengan 25 poin dari 11 laga. Persib unggul 10 poin dari Macan Kemayoran yang berada di peringkat kesembilan dengan hanya 15 poin.

Namun, yang menjadi sorotan pada pertandingan kali ini adalah bentrokan dua pelatih asing asl Eropa. Persib punya Robert Alberts, pelatih asal Belanda yang cukup lama berkarier di Indonesia. Sementara Persija punya Angelo Alessio, pelatih asal Italia yang baru berkarier di Indonesia di BRI Liga 1 2021/2022.

1 dari 3 halaman

Robert Alberts Kenyang Pengalaman di Indonesia

Robert Alberts Kenyang Pengalaman di Indonesia

BRI Liga 1: Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts (kiri) (c) Bola.com/Erwin Snaz

Robert Alberts memiliki pengalaman lebih banyak di sepak bola Indonesia ketimbang Angelo Alessio. Robert Alberts kali pertama berkarier di Indonesia saat menjadi juru taktik Arema FC pada musim 2009.

Pada musim pertamanya, pelatih berusia 67 tahun itu berhasil membawa Arema FC menjuarai Liga Indonesia 2009/2010. Berkat prestasi itu, nama Robert Alberts langsung melejit.

Namun, kebersamaan Robert Alberts dengan Arema FC tidak bertahan lama. Robert hanya bertahan selama satu musim dan memilih hengkang ke PSM Makassar.

Pelatih yang mengawali karier kepelatihannya di Swedia ini dikenal jago dalam meracik tim. PSM pun mampu bersaing di papan atas klasemen dalam beberapa musim.

Kini bersama Persib Bandung, meski sempat diprotes oleh bobotoh karena empat hasil imbang secara beruntun di akhir seri pertama BRI Liga 1 2021/2022, tapi Robert Alberts berhasil menemukan bentuk permainan terbaik timnya yang berhasil menyapu bersih laga dengan kemenangan pada seri kedua.

2 dari 3 halaman

Angelo Alessio Kenyang Pengalaman di Eropa

Sementara Angelo Alessio merupakan wajah baru dalam sepak bola Indonesia. Pelatih asal Italia itu resmi diperkenalkan menjadi pelatih baru Macan Kemayoran pada Juni 2021.

Meski baru berkarier di Indonesia, pengalaman kepelatihan Angelo Alessio jangan diragukan. Pelatih berusia 56 tahun itu sempat menjadi asisten pelatih Antonio Conte di Juventus, Timnas Italia, dan Chelsea.

Keberasmaan Angelo Alessio bersama Antonio Conte terjadi pada musim 2010. Kedua pelatih ini menukangi klub Seri B, Siena.

Namun, karier kepelatihan Angelo Alessio berawal di Napoli sebagai asisten pada musim 2002/2003. Kemudian dia menjadi pelatih kepala tim seri C Liga Italia, Imolese.

Bersama Persija, Angelo Alessio seperti kesulitan keluar dari situasi sulit. Persija hanya mampu meraih tiga kemenangan, dua kali kalah dan enam kali hasil imbang di BRI Liga 1.

3 dari 3 halaman

Disadur dari: Bola.com (M Faqih/Benediktus GP; 17/11/21)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR