FOLLOW US:


Persija Dapat Lisensi Profesional AFC, Persib Masih Ajukan Banding

23-10-2018 10:16
Persija Dapat Lisensi Profesional AFC, Persib Masih Ajukan Banding
Persib Bandung © PT Liga Indonesia Baru / Liga-Indonesia.id

Bola.net - Persija Jakarta bersama beberapa klub Liga 1 lainnya mendapatkan lisensi klub profesional dari AFC. Selain Persija, Persib Bandung, Arema FC, Bali United, Bhayangkara FC, Persipura Jayapura sampai Borneo FC juga telah mengantongi syarat untuk bermain di kompetisi Asia itu.

Meski begitu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi masih belum berani merilis klub-klub yang resmi mendapatkan lisensi. Pasalnya, proses untuk mendapatkan lisensi ini belum sepenuhnya selesai.

Persib, misalnya. Sudah mendapat lisensi AFC, tapi tim berjuluk Pangeran Biru itu mengajukan banding lantaran terdapat aspek yang ditolak.

"Soal lisensi memang kami tahan dulu. Akan ada keputusan dari komite banding lisensi. Jadi kami terus berkoordinasi dengan PSSI. Kalau yang disampaikan kepada klub itu yang mereka terima dari Komite Lisensi AFC. Hasilnya seperti itu (tujuh klub lolos)," ujar ujar COO PT LIB, Tigorshalom Boboy.

Selain Persib, Madura United, PSM Makassar, dan Barito Putera juga lolos verifikasi AFC, namun dengan sejumlah syarat. Keempat klub ini sedang naik banding untuk lolos tanpa syarat dan bisa mendapatkan lisensi klub profesional.

"Sekarang ini ada empat klub yang masih menunggu hasil banding, yaitu Madura United, PSM, Barito Putera, dan Persib," kata Tigor.

"Ini peningkatan pesat. Terima kasih kepada semua klub Liga 1 2018. Lisensi ini sangat penting buat peningkatan mutu kompetisi," imbuh Tigor.