FOLLOW US:


Peserta Allianz Explorer Camp 2019 Melimpah, Panitia Panen Data Base dan Potensi Pemain

22-06-2019 13:32

 | Asad Arifin

Peserta Allianz Explorer Camp 2019 Melimpah, Panitia Panen Data Base dan Potensi Pemain
Allianz Explorer Camp 2019 Football Edition berlangsung di Stadion PSPT, Jakarta Selasa, pada 22-23 Juni 2019. © Fitri Apriani

Bola.net - Allianz Explorer Camp 2019 Football Edition yang berlangsung di Stadion PSPT, Jakarta Selasa, pada 22-23 Juni, menjadi kesempatan emas buat para peserta untuk menunjukkan kemampuan. Mereka tidak hanya mendapatkan ilmu lewat arahan pelatih atau talent scouting, tetapi juga bisa berkompetisi dan bersaing secara positif.

Allianz Explorer Camp 2019 ini diselenggarakan untuk mencari dua pemain yang nantinya akan dikirim ke Jerman untuk berlatih dan berkompetisi dengan pemain-pemain muda lainnya dari seluruh dunia. Selain itu juga ada enam pemain lagi yang bakal diberangkatkan ke Singapura.

Taufik Jursal Effendi selaku Ketua Pelaksana Allianz Explorer Camp 2019 mengatakan, kegiatan ini terbukti sudah menjadi magnet buat pemain usia dini. Oleh karena itu, dia berpesan kepada talent scouting yang turun memantau untuk bisa melihat potensi terbaik dari melimpahnya peserta.

"Sangat jarang perusahaan yang mau peduli untuk membangun sepak bola usia dini seperti ini. Jadi dari program ini kita bisa lihat bagaimana potensi besar dari pemain usia dini di Indonesia," ujar Taufik kepada Bola.net, Sabtu (22/3).

Dari kegiatan ini, pelatih bisa menambah data base pemain. Selain itu juga menilai potensi pemain buat timnas usia muda ke depannya.

"Program dari Allianz ini berbeda dari lainnya. Biasanya kalau ajang lain hanya one off. Tapi kalau Allianz ini sudah masuk tahun kelima atau keenam. Potensi ini harus dilihat klub dan PSSI," tuturnya.

Untuk mekanisme penilaian, peserta setelah mendaftar online di Bola.com dan Instagram, lalu dipanggil untuk mengikuti seleksi. Pada hari pertama seleksi, setiap pemain bermain selama 12 menit.

"Kenapa dilakukan games langsung? Karena untuk melihat skill dan visi. Dengan langsung bermain, maka bisa diketahui tekniknya seperti apa," kata Taufik.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Dimeriahkan Sosok Bintang

Pada hari kedua seleksi, Minggu (23/6), kegiatan ini akan dihadiri dua pemain Persija Jakarta, yaitu Sandi Darman Sute dan Rezaldi Hehanussa. Ada juga legenda Bayern Muenchen, Martin Demichelis.

Mereka dihadirkan untuk menjadi bintang tamu. Harapannya juga berbagi pengalaman dengan para pemain cilik, dan menularkan ilmunya bermain sepak bola.

"Besok ada sesi coaching clinic. Bintang tamunya adalah mereka. Ya mudah-mudahan tambah meriah," imbuh Taufik.