FOLLOW US:


Prediksi Persebaya Surabaya vs PSM Makassar 14 November 2019

14-11-2019 08:56

 | Gia Yuda Pradana

Prediksi Persebaya Surabaya vs PSM Makassar 14 November 2019
Persebaya Surabaya vs PSM Makassar © Bola.net

Bola.net - Persebaya Surabaya akan menghadapi PSM Makassar pada laga tunda pekan ke-26 Shopee Liga 1 2019, Kamis (14/11/2019). Pertandingan ini akan digelar di tempat netral, yakni Stadion Batakan, Balikpapan.

Persebaya saat ini menempati peringkat 11 dengan 32 poin dari 26 pertandingan (M7 S11 K8). Sementara itu, PSM di posisi 9 dengan 36 poin dari 25 laga (M11 S3 K11).

Persebaya berupaya bangkit setelah kini melewati tujuh pertandingan terakhir tanpa kemenangan. Hanya sayang, kondisi Persebaya tidak lebih baik daripada pekan lalu, saat bermain imbang 2-2 kontra Tira Persikabo, Sabtu (9/11/2019).

Persebaya terpaksa kehilangan sejumlah pemain andalannya dengan berbagai alasan yang berbeda. Sebut saja Otavio Dutra, Hansamu Yama, Rachmat Irianto, hingga Osvaldo Haay.

"Walaupun tidak diperkuat oleh beberapa pemain, termasuk Dutra dan Hansamu, kami sudah siapkan pengganti. Semoga anak-anak bisa tampil bagus dalam pertandingan," kata pelatih Persebaya, Aji Santoso.

1 dari 3

Laga Kandang Tanpa Bonek

Laga Kandang Tanpa Bonek
Persebaya Surabaya © Bola.com/Yoppy Renato

Posisi stoper menjadi yang paling krisis stok saat ini. Hanya tersisa dua saja, yaitu Andri Muliadi dan Mokhamad Syaifuddin. Kemungkinan, keduanya akan langsung masuk starting eleven untuk mengawal lini belakang.

Persebaya sudah tidak memilik stok lain sebagai stoper. Risikonya, Aji harus memainkan pemain lain sebagai bek tengah seandainya Syaifuddin atau Andri mengalami cedera atau kartu merah di tengah pertandingan.

Sementara itu, Persebaya dipastikan bakal melakoni laga kandang pertamanya di luar Surabaya tanpa kehadiran Bonek. Sebab, laga ini berstatus tanpa penonton sebagai buntut kerusuhan yang terjadi di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (29/10/2019).

"Kami menyiapkan mental karena tidak akan mendapat dukungan dari Bonek. Sejujurnya, Bonek sangat kami butuhkan untuk memompa motivasi pemain," imbuh pelatih asli Malang tersebut.

Kabar baiknya, Persebaya bakal kembali diperkuat oleh tiga pemain yang sempat absen akibat cedera pada pekan lalu. Mereka adalah kiper Miswar Saputra, winger Irfan Jaya, dan striker David da Silva.

"David, Miswar, dan Irfan Jaya kami bawa ke Balikpapan. Soal kesempatan mereka sebagai starter, kami putuskan besok. Tapi, yang jelas kondisinya cukup baik," terang Aji.

"Terutama David dan Irfan Jaya siap tampil. Tapi, untuk Miswar, sebenarnya siap, hanya badannya sedikit kurus karena sakit beberapa hari meski sekarang sudah membaik," ucap pelatih Persebaya Surabaya berusia 49 tahun itu.

2 dari 3

PSM Tanpa Kreator Serangan

PSM Tanpa Kreator Serangan
PSM Makassar © Bola.com/M Iqbal Ichsan

PSM Makassar meladeni Persebaya Surabaya dengan modal minor. Juku Eja baru saja menelan kekalahan kesembilan pada laga tandang musim ini setelah ditekuk Kalteng Putera 1-3 di Stadion Tuah Pahoe Palangkaraya, Minggu (10/11/2019).

Hasil ini membuat situasi yang dialami pelatih Juku Eja, Darije Kalezic, kian pelik. Tuntutan mundur dari jabatannya kian ramai disuarakan suporter PSM di media sosial.

Parahnya lagi, di tengah situasi ini, Darije tak bisa memainkan Wiljan Pluim, kreator serangan andalannya. Sang kapten harus absen karena akumulasi kartu.

Tanpa Pluim, Juku Eja seperti kehilangan separuh kekuatannya karena Pluim bukan jadi dirigen serangan PSM, tapi juga penyuplai bola sekaligus pencetak gol kala lini depan mengalami kebuntuan. Darije memang masih memiliki sederet gelandang seperti Marc Klok, Rizky Pellu, M. Arfan, Raphael Maitimo, dan Rasyid Bakri. Tapi, mereka tak bisa melakoni peran sang kapten.

Tak hanya itu, Darije juga dipusingkan dengan kondisi lini belakang, khususnya di sektor bek sentral. Hasim Kipuw harus absen karena akumulasi kuning. Padahal, eks bek Bali United ini jadi opsi utama pendamping Aaron Evans menyusul cederanya Abdul Rahman. Alhasil, Darije harus berpaling ke Munhar atau Raphael Maitimo.

Sementara itu, Darije bisa berharap banyak Amido Balde. Eks striker Glasgow Celtic ini tentu menyimpan motivasi tersendiri menghadapi Persebaya yang membuangnya jelang putaran pertama Liga 1 2019 berakhir. Seperti Darije, Balde belakangan menjadi sorotan suporter karena penampilannya dinilai melempem setelah pulih dari cedera hamstring.

Kalau Balde tak optimal, Darije bisa saja memberikan Ferdinand Sinaga menit bermain yang lebih banyak. Eks striker Persib Bandung ini tentu ingin mengulang sukses pada putaran pertama menghadapi lawan yang sama. Saat itu, Ferdinand jadi penentu kemenangan 2-1 yang diraih PSM atas Persebaya di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, 17 Juli lalu.

Ferdinand dalam berbagai kesempatan menegaskan seluruh elemen tim termasuk dirinya bertekad ingin memutus catatan minor di laga tandang.

"Dalam setiap pertandingan kami selalu berjuang keras meski hasilnya tidak sesuai harapan. Semoga pada pertandingan nanti, hasilnya lebih baik," pungkas Ferdinand.

3 dari 3

Perkiraan Susunan Pemain dan Prediksi

Perkiraan Susunan Pemain dan Prediksi
PSM mengalahkan Persebaya 2-1 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Rabu (17/7/2019). © Bola.com/Abdi Satria

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Abu Rizal Maulana, Mokhamad Syaifuddin, Andri Muliadi, Ruben Sanadi (belakang); Aryn Williams, Muhammad Hidayat, Diogo Campos (tengah); Oktafianus Fernando, David da Silva, Elisa Basna.

Pelatih: Aji Santoso.

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper), Beny Wahyudi, Aaron Evans, Raphael Maitimo, Taufik Hidayat (belakang); Marc Klok, Rizky Pellu, M. Arfan (tengah); Rizky Eka, Amido Balde, Ezra Walian (depan).

Pelatih: Darije Kalezic.

Prediksi: Persebaya Surabaya 55-45 PSM Makassar.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Aditya Wany/Editor Benediktus Gerendo Pradigdo

Published: 14 November 2019