FOLLOW US:


Puas dengan Gelaran Piala Indonesia, PSSI Pastikan PSM Raih Satu Jatah Tiket Piala AFC 2020

08-08-2019 23:46

 | Dimas Ardi Prasetya

Puas dengan Gelaran Piala Indonesia, PSSI Pastikan PSM Raih Satu Jatah Tiket Piala AFC 2020
PSM Makassar © Bola.com/Abdi Satria

Bola.net - Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria memastikan PSM Makassar akan mewakili Indonesia pada Piala AFC 2020. Pasalnya, tim berjuluk Juku Eja itu berhasil menjadi juara Piala Indonesia 2018/2019.

Kepastian PSM melenggang ke Piala AFC musim depan didapat usai mengalahkan Persija Jakarta dengan agregat 2-1 pada babak final. Otomatis, Juku Eja berhak dengan satu tiket ke kejuaraan antarklub Asia tersebut.

"Ketika pada November tahun lalu PSSI melayangkan surat kepada AFC untuk meminta slot agar juara di Piala Indonesia itu bisa mewakili indonesia di Piala AFC 2020, ada satu yang harus kami jaga bersama, yaitu penyelenggaraan yang baik. Kelancaran penyelenggaraan, mulai babak pertama sampai dengan paling utamanya di partai final dimonitor dan dilaporkan langsung ke AFC," ujar Tisha, Kamis (8/8).

"Alhamdulillah, dengan penyelenggaraan yang sangat tertib dan lancar kemarin, kami pastikan bahwa PSM bisa mewakili Indonesia di Piala AFC 2020," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 2

PSM Mengapresiasi

Pada partai final yang berlangsung dua leg, PSM kalah 0-1 dari Persija pada pertemuan pertama. Giliran Juku Eja menjadi tuan rumah pada 28 Juli lalu, PSSI menunda laga setelah mempertimbangkan faktor keamanan.

Pertandingan lalu diundur hingga 6 Agustus. Pada laga tunda tersebut, PSM berhasil mengalahkan Persija 2-0.

"PSSI sebagai federasi telah menghadirkan dirinya, memperlihatkan bahwa PSSI memberikan naungan kepada seluruh anggotanya untuk menyelenggarakan sepak bola yang baik, sepak bola yang bersih, dan tentu sepakbola yang punya cita-cita ke depan. Surat rekomendasi dari PSSI itulah yang dilaksanakan oleh pihak keamanan untuk bisa menghadirkan pertandingan yang baik dan tidak terjadi kekurangan apa pun," kata CEO PSM, Munafri.

"PSSI berani melangkah dan memberi terobosan bahwa ini sudah terdaftar di kalender AFC. Keputusan ini tentu penting buat kami di PSM karena keikutsertaan di Piala AFC 2020 sangatlah positif," tambahnya.

2 dari 2

Rencana Piala Indonesia Berikutnya

Sementara itu, setelah melenggang sebagai podium utama, Tisha memberikan selamat kepada PSM. Wanita asal Serang, Banten ini juga berencana untuk kembali memutar Piala Indonesia pada akhir tahun.

"Yang pertama, saya ucapkan selamat untuk PSM Makassar sebagai juara. Selamat sekali lagi untuk PSM dapat meraih gelar juara di Piala Indonesia. Ini merupakan kebanggaan Indonesia karena sudah enam tahun lamanya Piala Indonesia vakum dan akhirnya bisa bergulir kembali dengan lancar. Terima kasih juga kepada panpel, suporter, aparat kepolisian serta seluruh pihak yang berpartisipasi menjaga keamanan," tuturnya.

"Gelaran selanjutnya saat ini kita sedang diskusi, utamanya dengan kompetisi karena padatnya jadwal sampai dengan akhir tahun. Maka dari itu untuk kita melihat apakah sistem ataupun formatnya ada yang sedikit kita ubah agar bisa menyesuaikan juga dengan jadwal liga yang ada. Tapi kita pastikan di akhir tahun ini kita akan kick off untuk pagelaran berikutnya dan tentu dengan sponsor yang sama," imbuh tisha.

(Bola.net/Fitri Apriani)