Rapor Persis Solo di Fase Grup Liga 2: Mewah, Lolos 8 Besar, Menang WO, dan Kalah Derbi

Asad Arifin | 30 November 2021 12:44
Skuat Persis Solo merayakan gol Alberto Goncalves ke gawang Hizbul Wathan FC (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Persis Solo dipastikan lolos ke babak 8 Besar Liga 2 dengan status juara Grup C. Sayangnya, Persis menutup laga fase grup dengan cara yang buruk. Persis kalah dari PSCS Cilacap.

Persis berjumpa PSCC pada laga ke-10 Grup C, Senin (29/11/2021) malam WIB. Pada duel yang digelar di Stadion Manahan, Laskar Sambernyawa kalah dengan skor 2-1 dari tim tamu yang punya julukan Laskar Hiu Selatan.

PSCS unggul dua gol lebih dulu pada laga ini. Muhamad Kasim Botan mencetak gol pada menit 45+4 dan Ismail Haris mencetak gol menit ke-63. Persis kemudian mendapatkan gol hiburan dari aksi Beto Gonchalves.

Hasil yang buruk bagi Persis, terlepas mereka lolos ke 8 Besar. Sebab, pada laga ini PSCS bermain dengan 10 orang sejak Rendy Saputra mendapatkan kartu merah.

Persis sudah memainkan 10 laga fase grup. Lantas, bagaimana rapor mereka sejauh ini? Simak ulasannya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Skuad Mewah

Alberto Goncalves (c) Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan

Tidak bisa dimungkiri bahwa Persis punya skuad yang sangat mewah di Liga 2 musim 2021. Bahkan, skuad mereka mungkin tampak terlalu mewah untuk tampil di Liga 2.

Sebagai bukti betapa mewahnya skuad Persis, pemain seperti Marinus Wanewar, Ferdinand Sinaga, Sandi Sute, Asanur Rijal, hingga Heri Susanto tidak punya jaminan bermain inti. Padahal, mereka adalah pemain andalan di klub lamanya.

Persis punya tiga pemain dengan label naturalisasi: Fabiano Beltrame, Beto, dan Yu Hyun-koo. Lalu, ada Irfan Bachdim yang didatangkan dari PSS Sleman. Tidak ada yang meragukan bahwa Persis punya skuad 'Los Galacticos' pada musim 2021 ini.

2 dari 5 halaman

Lolos 8 Besar

Persis Solo saat berjumpa Hizbul Watan pada lanjutan Liga 2 2021 (c) Bagaskara Lazuardi

Dengan skuad yang banyak dihuni pemain top, Persis menjadi tim pertama di Grup C yang dipastikan lolos ke babak 8 Besar. Persis bahkan lolos dengan status juara Grup C. Mereka mendapatkan 20 poin dari 10 laga yang dimainkan.

Persis tampil sangat tajam di lini depan. Beto Gonchalves menjadi pemain yang punya kontribusi besar. Dari 19 gol yang dicetak tim racikan pelatih Eko Purdjianto, Beto menyumbang tujuh gol.

Di sisi lain, lini belakang Persis tak cukup rapat. Mereka kebobolan delapan gol dari 10 laga yang dimainkan. Persis masih kalah dari PSCS yang hanya kebobolan tujuh gol. Lalu, ada PSIM Yogyakarta yang kebobolan enam gol dari sembilan laga.

3 dari 5 halaman

Menang WO

Pemain Persis Solo, Alberto Goncalves berduel dengan pemain PSG Pati, Ichsan Kurniawan (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Persis Solo mungkin akan berada dalam situasi agak sulit jika tidak menang walk out (WO) atas PSG Pati. Persis dinyakan menang 3-0 karena PSG Pati didakwa memainkan pemain ilega atas nama I Gede Sukadana.

Sejatinya, laga Persis melawan PSG Pati pada putaran kedua fase grup berakhir dengan skor imbang 1-1. PSG Pati unggul terlebih dahulu berkat gol Muhammad Fayrushi. Namun, Rivaldi Bauwo sukses menyamakan kedudukan melalui titik putih.

Persis mendapatkan dua penalti pada laga ini. Tapi, satu eksekusi dari Fabriano Beltrame gagal menjadi gol.

Hasil 1-1 kemudian berubah menjadi kemenangan WO untuk Persis. Komisi Displin PSSI memutuskan PSG Pati memainkan pemain ilegal. Upaya banding PSG Pati pun tidak membuahkan hasil. Persis mengantongi tiga poin.

4 dari 5 halaman

Kalah Derbi

Penyerang Persis Solo, Irfan Bachdim (Kiri) berduel dengan Bek PSIM Yogyakarta, Benny Wahyudi (kanan) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Perjalanan Persis di fase grup Liga 2 benar-benar penuh dinamika. Ada banyak rasa tidak puas dari pendukung mereka yang diluapkan di media sosial, walau klub mampu lolos ke babak 8 Besar Liga 2.

Para fans Persis merasa tim mereka tak menunjukkan performa sesuai dengan materi yang dimiliki. Persis acap kali mengalami kebuntuan. Lalu, satu momen yang mengecewakan adalah saat kalah dari PSIM Yogyakarta.

Persis tidak sekalipun menang saat berjumpa PSIM di fase grup. Laga Derbi Mataram pertama berakhir dengan skor 0-0. Lalu, pada laga kedua, PSIM menang dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Sugeng Efendi. Kedua laga ini digelar di Stadion Manahan.

5 dari 5 halaman

Hasil Pertandingan Persis Solo di Fase Grup Liga 2

Aksi Ferdinand Sinaga ketika Persis Solo berjumpa Hizbul Watan pada lanjutan Liga 2 2021 (c) Bagaskara Lazuardi

26/09/21 Persis Solo 2-0 PSG Pati
05/10/21 Persijap 1-1 Persis Solo
12/10/21 PSIM Yogyakarta 0-0 Persis Solo
18/10/21 Persis Solo 2-1 Hizbul Wathan
26/10/21 PSCS Cilacap 0-2 Persis Solo
03/11/21 PSG Pati 1-1 Persis Solo*
09/11/21 Persis Solo 5-2 Persijap
15/11/21 Persis Solo 0-1 PSIM Yogyakarta
23/11/21 Hizbul Wathan 1-3 Persis Solo
29/11/21 Persis Solo 1-2 PSCS Cilacap

*Persis Solo menang WO, 3-0

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR