FOLLOW US:


Rasakan Tak Nyamannya APD, Gelandang Muda Arema FC Ajak Publik Hargai Tim Medis

20-05-2020 18:11

 | Serafin Unus Pasi

Rasakan Tak Nyamannya APD, Gelandang Muda Arema FC Ajak Publik Hargai Tim Medis
Gelandang Arema FC, Jayus Hariono mengenakan alat perlindungan diri sebelum mendistribusikan bantuan APD bersama Dokjreng FC, Rabu (20/5/2020) © Bola.net/Dendy Gandakusumah

Bola.net - Jayus Hariono membeber pengalaman pertamanya mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) yang biasa digunakan tim medis dalam bertugas menanggulangi pandemi Corona. Gelandang muda Arema FC ini mengaku tak nyaman harus mengenakan APD berbentuk hazmat suit tersebut.

"Gerah sekali. Nggak nyaman," kata Jayus Hariono, pada Bola.net, Rabu (20/05).

"Baru satu-dua menit pakai, sudah gerah. Kemudian, saya coba pakai sekitar 30 menitan, rasanya makin gerah dan sesak," sambungnya.

Menurut Jayus, dengan mengenakan langsung APD ini, ia bisa membayangkan beratnya perjuangan tim medis yang harus mengenakan hazmat suit selama tujuh sampai delapan jam nonstop. Ia merasa terenyuh dengan perjuangan tim medis menanggulangi pandemi Corona ini.

"Saya bisa berempati apa yang mereka rasakan. Saya yang hanya memakai setengah jam saja sudah seperti ini," tutur Jayus.

"Mengenakan APD ini mau beraktivitas sulit. Mau makan susah, minum susah, buang air susah. Belum lagi, mereka harus fokus merawat pasien, sedangkan di sisi lain mereka memikirkan keluarga," ia menambahkan.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1

Hargai Perjuangan Tim Medis

Lebih lanjut, Jayus pun meminta semua pihak untuk bisa menghargai perjuangan tim medis. Tim medis, menurut pemain berusia 22 tahun ini, sudah banyak berkorban dalam perjuangan menghadapi pandemi Corona tersebut.

Jayus meminta agar masyarakat bisa mengurangi beban tim medis. Salah satunya, dengan menjaga kesehatan mereka sendiri pada era pandemi ini.

"Masyarakat harus bisa menjaga kesehatan. Kalau memang tidak mendesak, tidak usah keluar rumah," ujar Jayus.

"Usahakan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi. Olahraga juga tak boleh dilupakan. Dengan berolahraga, imunitas kita bisa meningkat," ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)