FOLLOW US:


Robert Alberts Bursa Calon Pelatih Timnas Indonesia, Apa Kata Persib Bandung?

23-06-2020 14:48

 | Asad Arifin

Robert Alberts Bursa Calon Pelatih Timnas Indonesia, Apa Kata Persib Bandung?
Robert Rene Alberts © Bola.com/Erwin Snaz

Bola.net - Nama Robert Rene Albert masuk dalam salah kandidat yang diajukan sebagai pelatih Timnas Indonesia andai berpisah dengan Shin Tae-yong. Hanya saja, pelatih asal Belanda itu kini terikat kontrak dengan Persib Bandung.

Adalah Achsanul Qosasi, selaku Presiden Madura United, yang mengajukan kedua nama tersebut. Menurutnya, baik Robert Alberts dan RD, panggilan Rahmad, telah berpengalaman dan memenuhi syarat untuk mengisi pos pelatih Timnas Indonesia yang kemungkinan segera lowong.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, kurang setuju dengan usulan tersebut. Robert disebutnya masih dibutuhkan Persib untuk mengarungi kelanjutan Shopee Liga 1.

"Soal usul seperti itu, itu sebenarnya boleh-boleh saja. Sah-sah saja. Namun harus dibicarakan dulu dengan manajemen Persib, baiknya seperti apa," kata Umuh ketika dihubungi Bola.com, Selasa (23/6/2020).

"Kalau kami di Persib sih, keberatan sepertinya yah. Keberatan karena Robert Alberts sudah bisa menyatu dengan para pemain. Begitu. Dan dia juga pelatih bagus," imbuh pria berusia berusia 72 tahun tersebut.

1 dari 1

Pelatih Kawakan

Robert Alberts adalah pelatih kawakan yang telah kenyang asam garam sepak bola Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Pria berusia 65 tahun itu pernah beberapa kali menorehkan tinta emas, termasuk membawa Arema FC menjuarai Indonesia Super League (ISL) 2009-2010.

Selain itu, mantan pelatih Timnas Korea Selatan U-19 ini juga sempat mengantar Kedah FA meraih dua gelar juara sekaligus alias double winner meliputi Liga Primer Malaysia dan Piala Malaysia pada musim 1993.

Bersama klub Malaysia lainnya, Sarawak FA, Robert kembali keluar sebagai kampiun Liga Primer Malaysia pada 2013. Saat menangani klub Singapura, Home United, lemari trofi pelatih kelahiran Amsterdam, Belanda, ini bertambah dengan gelar Liga Singapura pada musim 1999.

"Keduanya memenuhi syarat dan pengalaman keduanya juga telah cukup," kata Achsanul kepada Bola.com.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Muhammad Adiyaksa/editor:Hendry Wibowo, 23 Juni 2020)