Robert Alberts Mundur, Bagaimana Nasib 3 Pemain Belanda di Persib?

Serafin Unus Pasi | 10 Agustus 2022 22:17
Pemain Persib Bandung, Victor Igbonefo dan Nick Kuipers (c) Bola.com/Muhammad Faqih

Bola.net - Robert Rene Alberts sudah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih Persib Bandung. Hasil buruk di tiga laga awal BRI Liga 1 2022/2023 jadi alasan mundurnya juru taktik asal Belanda itu.

Dalam tiga partai yang sudah dilakoni, Persib sama sekali belum meraih kemenangan. Maung Bandung ditahan imbang Bhayangkara FC 2-2 pada laga perdana, lalu kalah 1-3 dari Madura United, dan dibantai 1-4 oleh Borneo Samarinda FC di partai selanjutnya.

Alhasil, Persib kini bercokol di papan bawah, tepatnya menempati urutan ke-17 klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023. Hasil buruk itu juga yang akhirnya membuat Bobotoh menyuarakan agar Robert Alberts mundur.

Seiring kepergian Robert Alberts, ia juga meninggalkan tiga pemain berdarah Belanda di Persib. Satu di antaranya bahkan gabung dengan Maung Bandung tak lama setelah pelatih berusia 67 tahun itu melatih Persib.

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1 dari 3 halaman

1. Nick Kuipers

Nick Kuipers (c) Bola.com/Erwin Snaz

Gelandang yang lahir di Maastricht, Belanda, pada 8 Oktober 1992 ini sudah tiga tahun bekerja sama dengan Robert Alberts di Persib. Ia merapat ke Maung Bandung beberapa bulan setelah Robert Alberts gabung.

Nick Kuipers direkrut Persib pada Agustus 2019. Sementara Robert Alberts jadi pelatih Maung Bandung sejak Mei 2019.

Hadirnya Nick Kuipers ketika itu diharapkan dapat memperkuat lini pertahanan Persib. Sepanjang Liga 1 2019 dan Liga 1 2021/2022, ia jadi palang pintu tangguh Maung Bandung.

Namun dalam tiga pertandingan awal Persib di BRI Liga 1 2022/2023, kemampuan Nick Kuipers belum terlihat. Ia kerap hilang fokus.

Ketiadaan Victor Igbonefo, tandemnya pada musim lalu sepertinya mempengaruhi penampilan Nick Kuipers saat ini. Duetnya dengan Rachmat Irianto juga tampak belum padu sehingga menyisakan lubang di lini pertahanan Persib.

2 dari 3 halaman

2. Ezra Walian

Pemain Persib Bandung, Ezra Walian (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Ezra Walian bergabung dengan Persib pada Maret 2021. Penyerang berusia 24 tahun ini merupakan pemain naturalisasi asal Belanda.

Kehadirannya diharapkan dapat membuat lini serang Persib semakin tangguh dengan banyaknya variasi serangan. Namun, Ezra punya gerakan yang lambat sebagai striker.

Akibatnya, ia tidak terlalu berbahaya bagi lini pertahanan lawan. Ezra juga tak tajam sebagai bomber, dan hanya mampu mencetak satu gol dalam 20 penampilannya di Liga 1 musim lalu.

Ezra juga belum bisa mencetak gol hingga pekan ketiga BRI Liga 1 2022/2023. Oleh sebab itu, ia harus memperbaiki performanya jika masih ingin bermain untuk Maung Bandung.

3 dari 3 halaman

3. Marc Klok

Pemain Persib Bandung, Marc Klok (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Kepergian Robert Alberts juga turut meninggalkan Marc Klok di Persib. Keduanya juga sempat bekerja sama di PSM Makassar pada musim 2017 hingga 2018.

Pemain naturalisasi asal Belanda ini direkrut Persib pada Juni 2021. Marc Klok dibajak Maung Bandung dari Persija Jakarta, usai mengantarkan tim ibu kota menjuarai Piala Menpora 2021.

Setelah tampil ciamik sepanjang musim lalu, penampilan Marc Klok musim ini masih belum menjanjikan. Belum ada assist dan gol yang ia ciptakan.

Marc Klok juga belum mampu membuat lini tengah Persib sepadu musim lalu. Ketiadaan Mohammed Rashid sepertinya membuatnya kehilangan tandem.

(Bola.net/Fitri Apriani)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR