FOLLOW US:


Roman Chmelo dan Rekornya Sebagai Pemain Asing Terlama di Arema

29-06-2020 11:51

 | Gia Yuda Pradana

Roman Chmelo dan Rekornya Sebagai Pemain Asing Terlama di Arema
Roman Chmelo (kiri) dan Noh Alam Shah di Arema © Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Rekor pemain asing terlama Arema FC masih dipegang oleh Roman Chmelo. Hingga kini, belum ada yang mematahkannya.

Pemain asal Slovakia itu gabung Arema pada pertengahan musim 2008-2009 ketika belum ada dualisme kompetisi. Dia mengakhiri kariernya dengan Arema Indonesia di ajang IPL musim 2013.

Total, hampir lima tahun dia berada di Malang. Namun, karier terakhir Roman di Indonesia justru tidak di Arema. Dia gabung PSM Makassar karena Arema IPL melepas banyak pemain setelah tidak lagi dapat kucuran dana dari PT Ancora.

Roman sebenarnya ingin mengakhiri kariernya dengan Arema. Namun hal itu tak bisa terwujud.

“Saya sudah betah berada di Malang dan Arema. Bagi saya, main di mana pun saja sama intinya tetap sepakbola. Jadi buat apa pindah,” kata pemain yang sempat membela klub Malaysia, PKNS Selangor ini.

Faktor dualisme kompetisi yang membuat Arema menjadi dua juga menjadikan hasrat Roman pensiun di Malang sirna. Andaikan Singo Edan tetap satu, tentu ceritanya bisa jadi berbeda.

Saat Arema IPL tak lagi dapat sokongan dana besar, justru Arema FC yang nyaris terdegradasi di ISL musim 2012 bangkit. Mereka dapat gelontoran dana segar dari Bakrie Group.

Namun, pelatih Arema FC waktu itu, Rahmad Darmawan sudah punya banyak amunisi dengan mengumpulkan deretan pemain bintang. Karena tidak ada tawaran lagi dari Arema, Roman akhirnya menerima pinangan dari PSM.

1 dari 1

Disiplin Jaga Kondisi

Di Arema, Roman adalah sosok yang sangat disiplin, terutama masalah jaga kondisinya. Usianya sudah kepala tiga ketika membela Singo Edan.

Mantan manajer tim Arema IPL, Brillyanes Sanawiri mengingat sosok Roman.

Ketika Arema lolos ke 16 besar Piala AFC 2012, Singo Edan bertandang ke markas Kitchee, Hongkong. Dua hari sebelum pertandingan, tim Arema dijamu di kedutaan Indonesia yang ada di Hongkong. Roman dan pemain lain makan banyak kalori waktu itu.

“Besoknya, Roman jadi yang paling awal latihan untuk membakar kalori itu dengan joging,” kata Brilly.

Selain itu, jangan sampai ada yang mengganggunya di jam istirahat. Roman akan marah saat ada yang berisik di luar kamarnya saat jam istirahat. Ada pemain muda Arema IPL yang pernah kena semprot Roman karena berisik di depan kamarnya saat pagi hari.

Disadur dari: Bola.com/Iwan Setiawan/Wiwig Prayugi

Published: 28 Juni 2020