FOLLOW US:


Seharusnya, Beto Goncalves Telah Dinaturalisasi Sejak Sewindu Lalu

26-05-2018 13:31
Seharusnya, Beto Goncalves Telah Dinaturalisasi Sejak Sewindu Lalu
Sriwijaya FC © --

Bola.net - Alberto 'Beto' Goncalves mengungkap fakta unik di balik prosesnya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pemain asal Brasil tersebut menyebut seharusnya ia sudah resmi menjadi pemegang paspor Indonesia sejak 2010 lalu.

"Waktu itu, sempat ada kabar bahwa saya akan menjadi WNI," ujar Beto.

"Waktu itu, kabarnya, yang diproyeksikan menjadi WNI adalah saya dan Cristian Gonzales. Kami direncanakan akan memperkuat Timnas. Sudah ada pembicaraan," sambungnya.

Namun, malang tak dapat ditolak dan untung tak dapat diraih, saat prosesnya sudah mulai berjalan, Beto justru menderita cedera. Tendon achillesnya putus kala memperkuat timnya Persipura Jayapura pada sebuah pertandingan liga.

"Waktu itu saya cedera parah. Hampir setahun saya harus absen," tuturnya.

"Akhirnya rencana tersebut tidak jadi. Semua ini rencana Tuhan," pemain berusia 37 tahun tersebut menambahkan.

Beto sendiri akhirnya telah mewujudkan mimpinya, resmi menjadi WNI. Status kewarganegaraan pemain berusia 37 tahun tersebut telah resmi berubah sejak Kementerian Hukum dan HAM mengeluarkan surat resmi pada Selasa lalu. Ia pun telah diambil sumpah sebagai seorang warga negara Indonesia pada Kamis (08/02).

Usai menjadi WNI, Beto akhirnya mendapat panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia. Ia dipanggil membela Timnas Indonesia U-23 plus, yang akan menjalani dua partai uji coba melawan Thailand U-23 jelang Asian Games 2018.

Beto dipanggil untuk menjadi solusi tumpulnya lini depan Timnas Indonesia. Hal tersebut tak lepas dari perannya di lini depan Sriwijaya FC musim ini. Sejauh ini, pemain kelahiran 31 Desember 1980 tersebut sudah mengoleksi tiga gol dan dua assist.