FOLLOW US:


Seperti Pirlo, Maitimo Ingin Membela Timnas Indonesia di Usia Kepala Tiga

26-04-2018 11:10
Seperti Pirlo, Maitimo Ingin Membela Timnas Indonesia di Usia Kepala Tiga
Raphael Maitimo © MUFC

Bola.net - Gelandang Madura United, Raphael Maitimo, menyatakan masih berhasrat untuk membela Timnas Indonesia. Pemain naturalisasi ini sudah berusia 34 tahun, namun ia percaya masih mampu bersaing. Ia mengibaratkan dirinya seperti Andrea Pirlo yang tetap mampu bermain apik di Timnas meski usianya sudah berkepala tiga.

Raphael Maitimo sendiri saat ini menjadi salah satu pemain penting di Madura United setelah pada musim lalu berseragam Persib Bandung. Maitimo sudah berkarier di Indonesia sejak 2010 dan mengawalinya bersama Bali Devata.

Sempat kembali ke Belanda untuk sesaat, Maitimo kembali ke Indonesia dan memperkuat sejumlah klub, seperti Mitra Kukar, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Arema FC, Persib Bandung, hingga akhirnya kini berlabuh ke Madura United. Namun, Raphael Maitimo sudah cukup lama tidak berseragam Timnas Indonesia.

Pertama kali berseragam Timnas Indonesia pada 2012, Maitimo tercatat tampil terakhir kali di pertandingan resmi internasional bersama Tim Garuda pada 2014. Saat itu Raphael Maitimo tampil bersama Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2015. Hampir empat tahun tidak lagi memperkuat Tim Garuda, ternyata Raphael Maitimo masih menyimpan hasrat untuk kembali membela Indonesia di kancah internasional.

"Saya selalu siap untuk bermain bersama Timnas Indonesia. Namun, setelah Indonesia dihukum oleh FIFA, di mana saat itu saya masih membela Timnas Indonesia dan mencetak gol, saya tidak lagi dipanggil memperkuat Timnas Indonesia. Padahal sekarang pun saya tetap mampu memperlihatkan penampilan yang konsisten. Saya tetap fit dan selalu membuktikannya di lapangan," ujar Maitimo.

Melihat tren pemain Timnas Indonesia asuhan Luis Milla yang kini dihuni pemain-pemain muda, Raphael Maitimo memang tidak bisa berharap banyak untuk bisa kembali karena usianya yang sudah 34 tahun. Namun, mantan pemain Persija Jakarta dan Persib Bandung itu menegaskan dirinya masih bisa memperlihatkan permainan di level tertinggi seperti yang dilakukan Andrea Pirlo bersama Timnas Italia.

"Saya hanya bicara melalui kaki di lapangan. Saya bisa membuktikan kondisi saya di lapangan bagus, bahkan saya yakin kondisi saya lebih fit dari para pemain muda. Mungkin banyak yang mengatakan saya sudah mulai tua. Namun, Andrea Pirlo masih bermain bersama Timnas Italia pada usia 36 tahun. Jadi saya masih menunggu untuk dipanggil lagi ke Timnas Indonesia, ketika panggilan itu datang saya akan selalu siap," ujar Maitimo.

Timnas Indonesia U-23 dalam waktu dekat akan menjalani Asian Games 2018. Maitimo masih punya harapan masuk dalam tim besutan Luis Milla jika memang mampu membuktikan kualitasnya di atas lapangan sebelum bulan Agustus 2018. Dalam ajang tersebut, pelatih diizinkan untuk memanggil tiga pemain senior untuk masuk dalam skuat U-23.

Sumber: Bola.com