FOLLOW US:


Shin Tae-yong Puas Timnas Indonesia Lolos ke Kualifikasi Piala AFC 2023, tapi Ada Catatan

12-10-2021 07:41

 | Asad Arifin

Shin Tae-yong Puas Timnas Indonesia Lolos ke Kualifikasi Piala AFC 2023, tapi Ada Catatan
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong © PSSI

Bola.net - Satu tempat di putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 atau Piala AFC sudah didapatkan Timnas Indonesia. Itu setelah, skuad Garuda mengalahkan Taiwan pada babak play-off yang berlangsung dua leg.

Pada leg pertama yang digelar di Stadion Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021), Timnas Indonesia menang 2-1. Dua gol kemenangan skuad Garuda dicetak Ramai Rumakiek dan Evan Dimas Darmono.

Lalu pada leg kedua yang berlangsung di stadion yang sama, Senin (11/10), Timnas Indonesia berhasil membantai Taiwan 3-0. Tiga gol kemenangan skuad Garuda tercipta via Egy Maulana Vikri (27'), Ricky Kambuaya (54'), dan Witan Sulaeman (90'+3).

Dengan begitu, Timnas Indonesia menang agregat 5-1 atas Taiwan pada babak Play-off Kualifikasi Piala AFC 2023. Pasukan Merah Putih berhak melaju ke putaran ketiga yang akan digelar tahun depan.

Putaran ketiga Kualifikasi Piala AFC 2023 akan diikuti 24 tim dan dibagi enam grup. Setiap grup bakal diisi empat tim dengan rencana format kandang dan tandang.

Nantinya, juara grup dan lima runner up terbaik akan mendapatkan tiket ke putaran final Piala AFC 2023. Ajang ini bakal berlangsung di China, pada 16 Juni-16 Juli 2023.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 2

Komentar Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku puas dengan kemenangan dua kali timnya atas Taiwan pada babak Play-off Kualifikasi Piala AFC 2023. Ia pun mengapresiasi kerja keras anak asuhnya sepanjang laga.

"Sangat senang dengan hasil ini karena para pemain sudah bekerja keras di dua pertandingan," ujar Shin Tae-yong.

"Jadi, untuk kedepannya kalau ada kemauan makin tinggi dari pemain, sepak bola Indonesia pasti akan lebih berkembang," katanya menambahkan.

2 dari 2

Koreksi

Koreksi
Timnas Indonesia merayakan gol pertama ke gawang Taiwan di leg kedua play off Piala Asia 2023, Senin (11/10/2021) © Dok. PSSI

Namun meski berhasil lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala AFC 2023, pelatih asal Korea Selatan ini memastikan tetap ada koreksi untuk anak asuhnya. Sebab, ia ingin Evan Dimas dan kawan-kawan meningkatkan mutu permainan.

"Meski hari ini, Senin (11/10), kami mampu mencetak tiga gol, namun harus ditingkatkan lagi permainan dan kualitas golnya," imbuh pelatih berusia 52 tahun ini.

Selain Indonesia, putaran ketiga Kualifikasi Piala AFC 2023 akan diikuti Uzbekistan, Tajikistan, Filipina, Yordania, Bahrain, Palaestina, India, Kirgizstan, Malaysia, Turkmenistan, Maladewa, Nepal, Hong Kong, Singapura, Afghanistan, Mongolia, Thailand, Srilanka, Yaman, Bangladesh, Myanmar, Indonesia, serta Kamboja atau Guam. Khusus Kamboja dan Guam masih berebut tiket dari jalur play-off seperti skuad Garuda versus Taiwan.

(Bola.net/Fitri Apriani)