FOLLOW US:


Stadion Andi Mattalatta dan SGM Tidak Lolos Verifikasi

03-12-2013 21:17
Stadion Andi Mattalatta dan SGM Tidak Lolos Verifikasi
PSM Makassar

Bola.net - Manajemen PT Pagolona Sulawesi Mandiri (PSM) belum bisa bernafas lega menghadapi penyatuan liga musim depan. Pasalnya, dua stadion yang diajukan manajemen, yakni Stadion Gelora Mandiri Parepare dan Stadion Andi Mattalatta, Makassar, dinyatakan tidak layak untuk menjadi home base PSM musim depan.

Tim dari PSSI sudah melakukan peninjauan terhadap dua stadion tersebut, akhir pekan lalu. Hasilnya, Ketua Departemen Lisensi Klub Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Tigor Shalom Boboy, menyatakan jika keduanya tidak lolos verifikasi.

"Kami sudah melakukan survey di lokasi dan kami menganggap kedua stadion itu tidak lolos. Kami berikan waktu kepada PSM hingga 5 Desember untuk mengajukan homebase lain," kata Tigor, Selasa (3/12/2013).

Dari penilaiannya, Stadion Gelora Mandiri yang ada di Kota Parepare dianggap tidak layak karena belum memiliki lampu penerang. Juga kondisi lapangan yang belum merata, tribun penonton, ruang ganti pemain, ruang media, dan beberapa bagian yang harus diperbaiki.

Sementara Stadion Andi Mattalatta juga dinyatakan tidak lolos lantaran dalam lingkungan stadion dihuni olah orang untuk menjadi tempat tinggal. Selain itu, lapangan tidak laga rata, lubang pembuangan irigasi yang terlalu dekat dengan lapangan, dan ruang ganti baik pemain maupun wasit juga masih harus direnovasi.

Meski dinyatakan tidak lolos, Tigor mengatakan bahwa tim Ayam Jantan dari Timur tetap boleh menggunakan Stadion Gelora Mandiri di Kota Parepare sebagai homebase. Dengan syarat, stadion tersebut telah dilakukan renovasi untuk memenuhi standar kelayakan.

"PSM masih bisa gunakan Gelora Mandiri kalau sudah di renovasi. Tapi tetap harus melalui verifikasi dan PSM bisa kembali ke sana,"ucapnya.

Khusus untuk Stadion Andi Mattalatta, Tigor menilai kondisi tribun terbuka yang tidak sesuai standar. Dimana tribun terbuka dan pagar pembatas stadion Andi Mattalatta tidak layak untuk digunakan karena dipenuhi rumput yang tumbuh.

"Stadion Andi Mattalatta sangat tidak layak karena tidak steril, dimana stadion ditinggal orang tepatnya dibawa tribun terbuka. Seharusnya stadion steril dari hal seperti itu apalagi dijadikan tempat tinggal,"terangnya.(nda/dzi)