FOLLOW US:


Tahun 2021, PSSI Ingin Terapkan VAR di Indonesia

08-11-2019 01:15

 | Dimas Ardi Prasetya

Tahun 2021, PSSI Ingin Terapkan VAR di Indonesia
Video Assistant Referee (VAR) © UEFA

Bola.net - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapkan pihak federasi menargetkan untuk bisa memakai teknologi Video Assistant Referee (VAR) di Indonesia pada tahun 2021.

Terobosan itu diungkapkan oleh sang ketum setelah melakukan rapat dengan Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Untuk mematangkan penggunaan VAR, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu tak ingin main-main.

PSSI disebutnya akan berusaha menerapkan teknologi itu secara bertahap. Dimulai dengan menyiapkan lebih dulu Sumber Daya Manusia (SDM).

"VAR tidak segampang yang kita ketahui. VAR itu alatnya gampang, akan tetapi SDM-nya harus dilatih sehingga nanti kami akan melakukan pelatihan pada 27 November 2019," beber Iwan Bule.

1 dari 2

Dibantu FIFA

Lebih lanjut, Pria berpangkat Komjen Polisi itu menyebutkan PSSI tak akan sendirian untuk menyiapkan penerapan teknologi tersebut. Mereka akan dibantu oleh pihak FIFA.

"FIFA juga akan hadir untuk berdiskusi. Mungkin tahun depan selama sembilan bulan akan menggelar pelatihan itu sehingga kita baru bisa memakainya pada akhir tahun depan atau mungkin awal 2021," imbuh Iwan Bule.

VAR merupakan teknologi yang membantu tugas wasit untuk meninjau keputusan dengan melihat rekaman video instan. Teknologi ini berguna untuk meyakinkan kembali wasit dalam pengambilan keputusan.

Penggunaan VAR dianggap dibutuhkan oleh sepak bola di Indonesia. Dengan adanya VAR nantinya sepak bola Indonesia bisa meminimalisasi adanya keputusan-keputusan yang dianggap merugikan satu di antara tim dalam suatu pertandingan.

2 dari 2

Sudah Ada di Bandung

Di sisi lain, penggunaan VAR di Indonesia ternyata sudah lebih dulu diterapkan di kompetisi sepak bola amatir bernama Bandung Premier League. Kompetisi yang diikuti 16 tim amatir itu pertama kali menggunakan VAR pada 20 Januari 2019.

Meski demikian, VAR yang digunakan di Bandung Premier League masih sangat sederhana, yakni penerapan kamera yang di beberapa tempat dan terkoneksi dengan layar kecil di pinggir lapangan.

Teknologi VAR sendiri sudah jamak dipakai di liga-liga besar di Eropa dan juga di Piala Dunia. Yang terbaru adalah di kompetisi Premier League.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Zulfirdaus Harahap/Editor Aning Jati
Published: 7 November 2019