FOLLOW US:


Tak Ada Arahan dari Jokowi untuk Melarang Anies saat Penyerahan Trofi Piala Presiden

19-02-2018 14:48
Tak Ada Arahan dari Jokowi untuk Melarang Anies saat Penyerahan Trofi Piala Presiden
Joko Widodo © AFP

Bola.net - Adanya pelarangan pada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang hendak menyertai Presiden Joko Widodo untuk menyerahkan trofi Piala Presiden menjadi polemik. Lalu pihak istana memberikan kejelasan bahwa pelarangan tersebut bukan instruksi dari presiden.

Perlu diketahui bahwa puncak Piala Presiden tahun ini pada hari Sabtu (17/2) kemarin berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno. Joko Widodo yang akrab dengan sebutan Jokowi hadir untuk menonton pertandingan tersebut. Anies juga tampak duduk di sebelah orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Di akhir laga, Jokowi turun ke lapangan untuk menyerahkan trofi Piala Presiden pada Persija Jakarta yang keluar sebagai pemenang. Anies hendak turun untuk mengikuti rombongan tersebut.

Namun kemudian langkahnya dihentikan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Anies pun kembali ke tempatnya.

Video tentang kejadian tersebut kemudian menyebar cepat di internet dan menjadi perdebatan di kalangan warganet karena diduga ada unsur kepentingan politik.

Bey Machmudin yang menjabat sebagai Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden menjelaskan tak ada arahan dari presiden terkait pelarangan pada Anies. Ia menjelaskan pelarangan tersebut hanya berdasarkan prosedur pengamanan presiden dalam acara non-formal.

"Tidak ada arahan apapun dari Presiden untuk mencegah Anies. Mengingat acara ini bukan acara kenegaraan, panitia tidak mengikuti ketentuan protokoler kenegaraan mengenai tata cara pendampingan Presiden oleh Kepala Daerah," jelas Bey.

"Karena bukan acara resmi, Presiden juga masih perlu menunggu selama 15 menit di lapangan hingga selesainya pemberian penghargaan lain sebelum menyerahkan Piala Presiden kepada Persija," sambungnya

Persija sendiri keluar sebagai juara Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan Bali United dengan skor 3-0.